Widget for website from webstatsdomain

myislam.blogspot.com-Google pagerank and Worth

Oct 29, 2008

Akhlaq terhadap Orang tua: Jangan berkata 'Ah...'

Akhlaq terhadap orang tua termasuk salah satu akhlaq dalam Islam
Akhlaq dalam Silam, yaitu:
- Akhlaq terhadap Allah swt.
- Akhlaq terhadap Kedua Orangtua
- Akhlaq terhadap Sesama manusia, baik muslim maupun non-muslim
- Akhlaq terhadap Alam(selain manusia)

Pertama, akhlaq terhadap orangtua adalah selalu berbuat baik, adapaun batasan umur anak dapat berbuat baik atau buruk yaitu saat anak mempunyai akal yang sempurna (akil baligh
QS Luqman 31:13-14.
13.Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar".
14. Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam Keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

Sabda Rasulullah saw. : "Surga terletak di telapak kaki ibu" ; "Keridloan orangtua merupakan keridloan Allah"

Bentuk manifestasi bersyukur, yaitu terdapat dalam surat Al Israa' 17:23
QS Al Israa’ 17:23. Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia.

Kedua, selalu mendo'akan kedua orangtua
Do'a adalah ibadah, yang harus dilaksanakan sesuai aturan Allah swt., Do'a anak yang shaleh, Jika anak berusia sebelum/sampai umur 40 tahun:
QS Al Isra' 17:24:
Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".

Dan, jika seseorang mencapai usia 40 tahun, Allah memerintahkan untuk berdoa:
QS AL Ahqaf 46:15. Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila Dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang berserah diri".

Ketaatan mutlak manusia hanya kepada Allah swt. Berbakti HANYA kepada Allah swt., Kewajiban anak kepadam kedua orangtua bukan berbakti tetapi berbuat baik, berbeda dengan ketaatan anak terhadap orangtua, atau ketaatan istri terhadap suami, tidaklah mutlak,
"Semakin tinggi ketaatan manusia terhadap Allah swt semakin tinggi kualitas manusia tersebut".

QS Al Ankabuut 29: 8. Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu- bapaknya. dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, Maka janganlah kamu mengikuti keduanya. hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.
QS Luqman
31:15. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, Maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, Maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.

Bergaul dalam urusan dunia terhadap orangtua dengan, diam, luwes, tidak frontal, jangan sampai melukai hati orangtua.

Ikhtisar Kajian Ahad ke-3 Masjid Azahidin Bekasi Timur Regency Mustikajaya Bekasi.

3 comments:

  1. Terima kasih sudah berbagi...sangat berguna.

    ReplyDelete
  2. Anonymous2:03 AM

    good pkok'y dach..........

    ReplyDelete
  3. terima kasih, mencerahkan bagi saya..

    ReplyDelete