Widget for website from webstatsdomain

myislam.blogspot.com-Google pagerank and Worth

Sep 16, 2008

Penghuni Syurga dan Neraka akan kekal di dalamnya

KEKEKALAN PENGHUNI SURGA DAN NERAKA

Sebagai Muslim kita pasti menginginkan tujuan akhir kita nanti di Akhirat masuk Surga, dalam beberapa hadist berikut termaktub bahwa ada beberapa golongan yang pada awalnya dimasukkan ke neraka kemudian jika tiba saatnya mereka dikeluarkan dari siksaan dan dimasukkan ke dalam Surga

Hadist Shahih Bukhari No. 17 Jilid I
Dari Abu Sa’id Al Khudri r.a. dari Nabi saw. Sabdanya: “Setelah penduduk surga masuk ke dalam surga, dan penduduk neraka masuk ke dalam neraka, maka Allah berfirman: Keluarkan dari neraka orang-orang yang ada iman di dalam dadanya (walau hanya) sebesar biji sawi!’ Lalu mereka dikeluarkan dari neraka (tetapi) tubuh mereka hitam bagaikan arang. Karena itu mereka dilemparkan ke dalam sungai Haya’ atau Hayat. Imam Malik ragu antara Haya’ atau Hayat. Kemudian tubuh mereka beruah bagaikan benih yang tumbuh sesudah banjir. Tidakkah engkau lihat benih itu tumbuh, berwarna kuning dan berlipat-lipat”

Hadist Shahih Bukhari No. 37 Jilid I
Dari Anas ra., katanya Nabi saw. Bersabda: “Akan dikeluarkan dari neraka’ 1. Orang yang menyebut Laa ilaa-ha illallaah (Tidak ada Ilaa/Tuhan kecuali hanya Allah), apabila di dalam hatinya terdapat kebaikan (iman) seberat sya’irah/semacam gandum, dan 2. Akan dikeluarkan dari neraka orang yang menyebut Laa ilaa ha-ilallah, apabila di dalam hatinya terdapat kebaikan seberat burrah/gandum, dan 3. Akan dikeluarkan dari neraka orang yang menyebut Laa illaha illallah, apabila di dalam hatinya terdapat kebaikan seberat zarrah/debu.”

Hadist Shahih Bukhari No. 441 Jilid I
Diberitakan oleh Abu Hurairah ra., bahwa orang banyak bertanya kepada Rasulullah saw…. … Allah akan memanggil mereka, dan sebuah jembatan dibentangkan melintasi neraka jahanam. Aku (Muhammad) saw.) adalah orang pertama diantara para Rasul beserta umatnya yang pertama-tama melintasinya. Tak seorangpun di kala itu berkata-kata kecuali do’a para Rasul. Do’a mereka ketika itu adalah: “Ya Allah! Selamatkan, selamatkan!…
…Apabila Allah swt menghendaki akan memberi rahmat kepada penduduk neraka, maka disuruh-Nya malaikat mengeluarkan orang-orang yang pernzh menyembah Allah. Mereka segera mengeluarkannya yang masing-masing dikenalnya dengan bekas tanda sujud. Allah mengharamkan api memakan tanda bekas sujud. Maka keluarlah mereka dari Neraka. Seluruh tubuh anak Adam akan dimakan api kecuali bekas sujud. Para Malaikat mengeluarkan mereka dari Neraka dalam keadaan hangus. Lalu …
Hadist Shahih Bukhari No. 1167 Jilid III
Dari Abi Sa’id al Khudri, Rasulullah saw. Bersabda: “ Kalau orang beriman itu telah bebas dari neraka, mereka ditahan pada jembatan antara surga dan neraka, lalu orang saling membalas penganiayaan antara sesama mereka waktu di dunia. Setelah mereka dibersihkan dabn disucikan, barulah mereka diizinkan masuk surga. Demi Allah yang diri Muhammad di tanganNya, orang lebih tahu tempatnya di sorga daripada tempatnya di dunia.

Hadist Shahih Bukhari No. 1761-1762 Jilid IV
1761 Dari Anas bin Malik ra., dari Nabi saw. Beliau bersabda: “Keluar satu kaum dari neraka, sedang kulit mereka telah hitam karenanya. Mereka masuk ke dalam surga, sedang isi surga menmakaan mereka “Orang-orang dari Jahannam”
1762 Dari Abu Sa’d al Kudhri ra., bahwa Rasulullah saw. Bersabda: “Setelah isi surga masuk ke dalam surga dan isi neraka masuk ke dalam neraka, Allah berfirman: “Siapa yang ada keimanan dalam hatinya barang seberat biji sawi, hendaklah kamu keluarkan dari neraka. Lalu mereka dikeluarkan, sedang kulitnya telah terbakar menjadi bara. Kemudian mereka dijatuhkan ke dalan sungai kehidupan, maka bertumbuhlah mereka sebagai tumbuhnya bibit di atas sampah banjir. Nabi saw berkata: “Bukankah sudah kamu lihat, tumbuhnya kuning dan bengkok?”


Dalam Al Qur’an tidak satu pun penyataan atau firman Allah yang menyatakan bahwa penghuni Neraka hanya sementara tidak kekal, dalam banyak ayat dinyatakan bahwa penghuni surga maupun neraka adalah kekal selamanya, Allah Swt dengan Ke-Maha Teliti-annya akan memasukkan manusia ke dalam golongan yang beruntung yaitu Surga dan golongan yang merugi dimasukkan ke Neraka

Keadaan seseorang dalam kehidupan penghuni Syurga maupun penghuni Neraka di Akherat dalam beberapa ayat Al Qur’an dijelaskan bahwa : Kehidupan Akherat akan berlangsung setelah dikumpulkannya seluruh ummat manusia di Padang Masyar, dan hanya amalan yang akan ditimbang Allah swt. Dalam QS Al A’raaf 7: 8-9 Allah memberikan gambaran siapakah yang termasuk golongan orang yang beruntung dan golongan orang yang merugi,

Artinya:
8. Timbangan pada hari itu ialah kebenaran (keadilan), Maka Barangsiapa berat timbangan kebaikannya, Maka mereka Itulah orang-orang yang beruntung.
9. Dan siapa yang ringan timbangan kebaikannya, Maka Itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, disebabkan mereka selalu mengingkari ayat-ayat kami.
Ke-Maha Teliti-an Allah dalam menimbang amalan manusia, dari amalan terkecil yang diumpamakan biji sawi sampai hal-hal besar yang umum diketahui manusia itu sendiri, dalam QS Al Anbiyaa 21:47 Allah berfirman:
Artinya: Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, Maka Tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawipun pasti Kami mendatangkan (pahala)nya. dan cukuplah Kami sebagai Pembuat perhitungan.

Balasan beratnya kebaikan akan menghantarkan manusia ke dalam keberuntungan yang dijanjikan Allah yaitu Surga, sebaliknya bila ringan timbangan kebaikannya akan di azab oleh Allah dan dimasukkan ke dalam Neraka, Al Mu’minuun 23: 102-103
Artinya
102. Barangsiapa yang berat timbangan (kebaikan)nya[ ], Maka mereka Itulah orang-orang yang dapat keberuntungan.
103. Dan Barangsiapa yang ringan timbangannya[ ], Maka mereka Itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam neraka Jahannam.

Kehidupan yang memuaskan yaitu Surga sebagai balasan kebaikan selaras dengan ayat sebelumnya yang merupakan keberuntungan yang kekal, dan ringannya timbangan kebaikan mengembalikan manusia kedalam Neraka Hawiyah yang kekal, Allah berfirman dalam QS Al Qaari’ah 101: 6-9
Artinya:
6. Dan Adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya,
7. Maka Dia berada dalam kehidupan yang memuaskan.
8. Dan Adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya,
9. Maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.

A. Keadaan di Surga dan Neraka ada tingkatannya
Merujuk timbangan amalan tentu saja akan terjadi berat atau ringan timbangan antara kebaikan dan keburukan, Dalam Firman Allah Surat An Nisa 4 : 145, dijelaskan adanya tingkatan dalam Neraka, yang berarti seseorang bisa menempati Neraka yang paling bawah yaitu tidak diperhitungkannya amalan kebaikan jika termasuk orang yang munafik, atau tingkatan yang atas jika perbedaan keburukannya sedikit dibanding kebaikan.
Artinya: Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka.
Diterangkan bahwa Neraka merupakan tempat kembali yang seburuk-buruknya, dimanapun seseorang ditempatkan di neraka itulah tempat orang yang merugi. Salah satu nama Neraka yang disebut Allah terdapat dalam QS Al Humazah : 104: 4
Artinya: Sekali-kali tidak! Sesungguhnya Dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah.

Allah swt., juga memberikan gambaran tempat kembali (tempat kediaman) yang burukyaitu di neraka jika seseorang tidak memenuhi seruan/perintah Allah Swt. Dalam QS Al Ar Ra’d 13: 18 Allah berfirman,
Artinya: Bagi orang-orang yang memenuhi seruan Tuhannya, (disediakan) pembalasan yang baik. dan orang-orang yang tidak memenuhi seruan Tuhan, Sekiranya mereka mempunyai semua (kekayaan) yang ada di bumi dan (ditambah) sebanyak isi bumi itu lagi besertanya, niscaya mereka akan menebus dirinya dengan kekayaan itu. orang-orang itu disediakan baginya hisab yang buruk dan tempat kediaman mereka ialah Jahanam dan Itulah seburuk-buruk tempat kediaman.

Dari Kitab Hadist Shahih Bukhari No. 1763, dijelaskan tingkatan paling ringan akan siksaan di neraka, diriwayatkan oleh Nukman ra.,:
Saya mendengar Nabi saw bersabda;” Sesungguhnya isi neraka yang paling ringan siksaannya di hari kiamat, adalah seorang yang diletakkan bara api di tapaknya dan karena itu menggelegak benaknya”.
Dalam ayat Al Qur’an disebutkan beberapa macam neraka, antara lain:

a. Neraka Wail (Neraka yang paling ringan siksaan)
QS Al Humazah 104: 1
Artinya: Kecelakaanlah bagi Setiap pengumpat lagi pencela,

b. Neraka Hawiyah (Neraka yang sangat dalam)
QS Al Qari’ah 101: 8-11
8. Dan Adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya,
9. Maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.
10. Tahukah kamu Apakah neraka Hawiyah itu?
11. (yaitu) api yang sangat panas.

c. Neraka Laza (neraka yang bergejolak apinya dan dapat mengelupaskan kulit kepala)
QS Al Ma’arij 70: 15-18
15. Sekali-kali tidak dapat, Sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergolak,
16. Yang mengelupas kulit kepala,
17. Yang memanggil orang yang membelakang dan yang berpaling (dari agama),
18. Serta mengumpulkan (harta benda) lalu menyimpannya

d. Neraka Sa’ir (Neraka yang menyala-nyala dan menyediakan alat pelempar setan)
QS Al Mulk 67:5
Artinya: Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang, dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala.

e. Neraka Saqar (Neraka yang membakar manusia dan mengotakkan kulitnya, yang terus berganti dan berulang)
QS Al Muddassir 74: 26-30
26. Aku akan memasukkannya ke dalam (neraka) Saqar.
27. Tahukah kamu Apakah (neraka) Saqar itu?
28. Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan
29. (neraka Saqar) adalah pembakar kulit manusia.
30. Dan di atasnya ada sembilan belas (Malaikat penjaga).

f. Neraka Hutamah (Neraka yang membakar manusia sampai ke ulu hatinya)
QS Al Humazah 104: 4-7
4. Sekali-kali tidak! Sesungguhnya Dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah.
5. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu?
6. (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan,
7. Yang (membakar) sampai ke hati.

g. Neraka Jahim atau Jahanam (Neraka yang paling dalam dan berat siksaannya)
QS Al A’Raaf 7:179
Artinya: Dan Sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. mereka Itulah orang-orang yang lalai.

QS Qaf 50:30
Artinya: (dan ingatlah akan) hari (yang pada hari itu) Kami bertanya kepada Jahannam : "Apakah kamu sudah penuh?" Dia Menjawab : "Masih ada tambahan?"

Adapun tempat tinggal bagi golongan yang beruntung yaitu Surga, disebut Allah dalam QS Al Kahfi 18: 107
Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal,

Gambaran Surga yang kenikmatannya diperuntukkan hanya bagi orang yang beriman dan beramal sholeh, sebagai tempat istirahat yang indah yaitu Surga ‘Adn disebut Allah Swt. dalam QS Al Kahfi 18: 31
Artinya: Mereka Itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga 'Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera Halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah;

B. Adanya batas antara Surga dan Neraka bagi mereka yang mempunyai timbangan yang seimbang

Artinya:
46. Dan di antara keduanya (penghuni surga dan neraka) ada batas; dan di atas A'raaf[ ] itu ada orang-orang yang Mengenal masing-masing dari dua golongan itu dengan tanda-tanda mereka. dan mereka menyeru penduduk surga: "Salaamun 'alaikum". mereka belum lagi memasukinya, sedang mereka ingin segera (memasukinya).
47. Dan apabila pandangan mereka dialihkan ke arah penghuni neraka, mereka berkata: "Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau tempatkan Kami bersama-sama orang-orang yang zalim itu".

Allah swt. Menciptakan tempat atau pembatas antara Surga dan Neraka yaitu : A’Raaf, yang diperuntukkan bagi manusia yang mempunyai keseimbangan antara amalan kebaikan dengan keburukannya. Golongan inilah yang menantikan Syafaat yang datangnya hanya dari Allah SWT.
Dalam firman Allah QS Az Zumar 39 : 43-44 diyatakan:
Artinya
43. Bahkan mereka mengambil pemberi syafa'at selain Allah. Katakanlah: "Dan Apakah (kamu mengambilnya juga) meskipun mereka tidak memiliki sesuatupun dan tidak berakal?"
44. Katakanlah: "Hanya kepunyaan Allah syafaat itu semuanya. Kepunyaan-Nya kerajaan langit dan bumi. kemudian kepada- Nyalah kamu dikembalikan"




C. Seseorang bila telah ditetapkan balasannya di Surga atau di Neraka akan kekal didalamnya
Dalam banyak ayat dalam Al Qur’an Allah menjanjikan balasan kebaikan Surga yang kekal didalamnya, tentu saja Allah juga memberikan balasan amalan buruknya yaitu dimasukkan dalam Neraka, jika mengingkari seruan Allah Swt. Dalam QS Al Baqarah: 2 : 81
Artinya: (Bukan demikian), yang benar: Barangsiapa berbuat dosa dan ia telah diliputi oleh dosanya, mereka Itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.
QS Al Baqarah 2: 162
Artinya: Mereka kekal di dalam la'nat itu; tidak akan diringankan siksa dari mereka dan tidak (pula) mereka diberi tangguh.
QS Ali 'Imran 3: 88
Artinya: Mereka kekal di dalamnya, tidak diringankan siksa dari mereka, dan tidak (pula) mereka diberi tangguh,

QS An Nisaa' 4: 14
Artinya: Dan Barangsiapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam api neraka sedang ia kekal di dalamnya; dan baginya siksa yang menghinakan.

D. Keputusan yang telah ditetapkan Allah tidak akan diubahNya
Firman Allah dalam QS Qaaf 50: 29
Artinya: Keputusan di sisi-Ku tidak dapat diubah dan aku sekali-kali tidak Menganiaya hamba-hamba-Ku

Dalam Hadist Shahih Bukhari No. 1754, dijelaskan mengenai kekalnya penghuni surga dan penghuni neraka sesuai dengan ketetapan Allah.
Dari Ibnu Umar ra., dari Nabi saw, beliau bersabda: “ Setelah penghuni surga masuk ke dalam surga dan penghuni neraka masuk ke dalam neraka, berdirilah orang yang memberi pengumuman kepada mereka, mengucapkan: “Hai penghuni neraka! Tidak ada lagi kematian! Hai penghuni Surga! Tidak adal lagi kematian! Kekal selamanya!”

Penyataan Allah bahwa di Akherat kelak “Kekal di dalam Neraka” beberapa ayat yang menyatakan keyakinan beberapa golongan yang merasa bahwa hukuman di Neraka itu tidak selamanya”. Sebuah pertanyaan :
“Siapa yang diyatakan dalam Al Qur’an yang berpendapat bahwa
di Neraka hanya beberapa hari saja?:
Dalam QS Al Baqarah 2: 75-81 diterangkan golongan Yahudi dan Nasrani yang meyakini bahwa hukuman yang akan di terima nanti di Neraka hanya beberapa hari saja,
Artinya
:
75. Apakah kamu masih mengharapkan mereka akan percaya kepadamu, Padahal segolongan dari mereka mendengar firman Allah, lalu mereka mengubahnya setelah mereka memahaminya, sedang mereka mengetahui?[ ].
76. Dan apabila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman, mereka berkata:" Kamipun telah beriman," tetapi apabila mereka berada sesama mereka saja, lalu mereka berkata: "Apakah kamu menceritakan kepada mereka (orang-orang mukmin) apa yang telah diterangkan Allah kepadamu, supaya dengan demikian mereka dapat mengalahkan hujjahmu di hadapan Tuhanmu; tidakkah kamu mengerti?"[ ]
77. Tidakkah mereka mengetahui bahwa Allah mengetahui segala yang mereka sembunyikan dan segala yang mereka nyatakan?
78. Dan diantara mereka ada yang buta huruf, tidak mengetahui Al kitab (Taurat), kecuali dongengan bohong belaka dan mereka hanya menduga-duga[ ].
79. Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Al kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya; "Ini dari Allah", (dengan maksud) untuk memperoleh Keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang mereka kerjakan.
80. Dan mereka berkata: "Kami sekali-kali tidak akan disentuh oleh api neraka, kecuali selama beberapa hari saja." Katakanlah: "Sudahkah kamu menerima janji dari Allah sehingga Allah tidak akan memungkiri janji-Nya, ataukah kamu hanya mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui?"
81. (Bukan demikian), yang benar: Barangsiapa berbuat dosa dan ia telah diliputi oleh dosanya, mereka Itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.

Juga dalam QS Ali Imran 3: 21-25, ada golongan yang menerima Taurat (Kaum Yahudi) tetapi kemudian mereka berpaling, yang juga menyakini bahwa hukuman /azab di neraka hanya beberapa hari saja,
Artinya:
21. Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Allah dan membunuh Para Nabi yang meman tak dibenarkan dan membunuh orang-orang yang menyuruh manusia berbuat adil, Maka gembirakanlah mereka bahwa mereka akan menerima siksa yg pedih.
22. Mereka itu adalah orang-orang yang lenyap (pahala) amal-amalnya di dunia dan akhirat, dan mereka sekali-kali tidak memperoleh penolong.
23. Tidakkah kamu memperhatikan orang-orang yang telah diberi bahagian Yaitu Al kitab (Taurat), mereka diseru kepada kitab Allah supaya kitab itu menetapkan hukum diantara mereka; kemudian sebahagian dari mereka berpaling, dan mereka selalu membelakangi (kebenaran).
24. Hal itu adalah karena mereka mengaku: "Kami tidak akan disentuh oleh api neraka kecuali beberapa hari yang dapat dihitung". mereka diperdayakan dalam agama mereka oleh apa yang selalu mereka ada-adakan.
25. Bagaimanakah nanti apabila mereka Kami kumpulkan di hari (kiamat) yang tidak ada keraguan tentang adanya. dan disempurnakan kepada tiap-tiap diri Balasan apa yang diusahakannya sedang mereka tidak dianiaya (dirugikan).

Sedangkan dalam QS Maryam 19: 66-74 Golongan yang ingkar pada hari akhir/hari kebangkitan meyakini tidak selamanya mereka akan disiksa di Neraka,
Artinya :
66. Dan berkata manusia: "Betulkah apabila aku telah mati, bahwa aku sungguh-sungguh akan dibangkitkan menjadi hidup kembali?"[ ]
67. Dan tidakkah manusia itu memikirkan bahwa Sesungguhnya Kami telah menciptakannya dahulu, sedang ia tidak ada sama sekali?
68. Demi Tuhanmu, Sesungguhnya akan Kami bangkitkan mereka bersama syaitan, kemudian akan Kami datangkan mereka ke sekeliling Jahannam dengan berlutut.
69. Kemudian pasti akan Kami tarik dari tiap-tiap golongan siapa di antara mereka yang sangat durhaka kepada Tuhan yang Maha Pemurah.
70. Dan kemudian Kami sungguh lebih mengetahui orang-orang yang seharusnya dimasukkan ke dalam neraka.
71. Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan.
72. Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membiarkan orang-orang yang zalim di dalam neraka dalam Keadaan berlutut.
73. Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Kami yang terang (maksudnya), niscaya orang-orang yang kafir berkata kepada orang-orang yang beriman: "Manakah di antara kedua golongan (kafir dan mukmin) yang lebih baik tempat tinggalnya dan lebih indah tempat pertemuan(nya)?"
74. Berapa banyak umat yang telah Kami binasakan sebelum mereka[ ], sedang mereka adalah lebih bagus alat rumah tangganya dan lebih sedap di pandang mata.

Ayat-ayat yang menyatakan kekalnya penghuni surga dan neraka:

Al Baqarah 2: 39, 81-82, 126, 162, 167, 206, 217, 257, 275
39. …orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.
81. …Barangsiapa berbuat dosa dan ia telah diliputi oleh dosanya, mereka Itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.
82. Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga; mereka kekal di dalamnya.
126. …"Dan kepada orang yang kafirpun aku beri kesenangan sementara, kemudian aku paksa ia menjalani siksa neraka dan Itulah seburuk-buruk tempat kembali".
162. Mereka kekal di dalam la'nat itu; tidak akan diringankan siksa dari mereka dan tidak (pula) mereka diberi tangguh.
167. Dan berkatalah orang-orang yang mengikuti: "Seandainya Kami dapat kembali (ke dunia), pasti Kami akan berlepas diri dari mereka, sebagaimana mereka berlepas diri dari kami." Demikianlah Allah memperlihatkan kepada mereka amal perbuatannya menjadi sesalan bagi mereka; dan sekali-kali mereka tidak akan keluar dari api neraka.
206. Dan apabila dikatakan kepadanya: "Bertakwalah kepada Allah", bangkitlah kesombongannya yang menyebabkannya berbuat dosa. Maka cukuplah (balasannya) neraka Jahannam. dan sungguh neraka Jahannam itu tempat tinggal yang seburuk-buruknya.
217. …Barangsiapa yang murtad di antara kamu dari agamanya, lalu Dia mati dalam kekafiran, Maka mereka Itulah yang sia-sia amalannya di dunia dan di akhirat, dan mereka Itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.
257. … dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya ialah syaitan, yang mengeluarkan mereka daripada cahaya kepada kegelapan (kekafiran). mereka itu adalah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.
275. … Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), Maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu[ (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. orang yang kembali (mengambil riba), Maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.

Ali 'Imran 3: 12, 88, 116, 136, 151, 162, 198
12. Katakanlah kepada orang-orang yang kafir: "Kamu pasti akan dikalahkan (di dunia ini) dan akan digiring ke dalam neraka Jahannam. dan Itulah tempat yang seburuk-buruknya".
88. Mereka kekal di dalamnya, tidak diringankan siksa dari mereka, dan tidak (pula) mereka diberi tangguh,
116. Sesungguhnya orang-orang yang kafir baik harta mereka maupun anak-anak mereka, sekali-kali tidak dapat menolak azab Allah dari mereka sedikitpun. dan mereka adalah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.
136. Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan Itulah Sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal.
151. Akan Kami masukkan ke dalam hati orang-orang kafir rasa takut, disebabkan mereka mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah sendiri tidak menurunkan keterangan tentang itu. tempat kembali mereka ialah neraka; dan Itulah seburuk-buruk tempat tinggal orang-orang yang zalim.
162. Apakah orang yang mengikuti keridhaan Allah sama dengan orang yang kembali membawa kemurkaan (yang besar) dari Allah dan tempatnya adalah Jahannam? dan Itulah seburuk-buruk tempat kembali.
198. Akan tetapi orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya, bagi mereka surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, sedang mereka kekal di dalamnya sebagai tempat tinggal (anugerah) dari sisi Allah. dan apa yang di sisi Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang berbakti.

An Nisaa' 4: 14, 56-57, 93, 97, 115, 122, 145, 169
14. Dan Barangsiapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam api neraka sedang ia kekal di dalamnya; dan baginya siksa yang menghinakan.
56. Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
57. Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalan-amalan yang shaleh, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai; kekal mereka di dalamnya; mereka di dalamnya mempunyai isteri-isteri yang Suci, dan Kami masukkan mereka ke tempat yang teduh lagi nyaman.
93. Dan Barangsiapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja Maka balasannya ialah Jahannam, kekal ia di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya.
97. Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan Malaikat dalam Keadaan Menganiaya diri sendiri, (kepada mereka) Malaikat bertanya : "Dalam Keadaan bagaimana kamu ini?". mereka menjawab: "Adalah Kami orang-orang yang tertindas di negeri (Mekah)". Para Malaikat berkata: "Bukankah bumi Allah itu luas, sehingga kamu dapat berhijrah di bumi itu?". orang-orang itu tempatnya neraka Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali,
115. Dan Barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.
122. Orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalan saleh, kelak akan Kami masukkan ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. …
145. …dan Sesungguhnya jika kamu mengikuti keinginan mereka setelah datang ilmu kepadamu, Sesungguhnya kamu -kalau begitu- Termasuk golongan orang-orang yang zalim.
169. Kecuali jalan ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. dan yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.

Al Maaidah 5: 37, 80, 85, 119
37. Mereka ingin keluar dari neraka, Padahal mereka sekali-kali tidak dapat keluar daripadanya, dan mereka beroleh azab yang kekal.
80. Kamu melihat kebanyakan dari mereka tolong-menolong dengan orang-orang yang kafir (musyrik). Sesungguhnya Amat buruklah apa yang mereka sediakan untuk diri mereka, Yaitu kemurkaan Allah kepada mereka; dan mereka akan kekal dalam siksaan.
85. Maka Allah memberi mereka pahala terhadap Perkataan yang mereka ucapkan, (yaitu) surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, sedang mereka kekal di dalamnya. dan Itulah Balasan (bagi) orang-orang yang berbuat kebaikan (yang ikhlas keimanannya).
119. Allah berfirman: "Ini adalah suatu hari yang bermanfaat bagi orang-orang yang benar kebenaran mereka. bagi mereka surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya; Allah ridha terhadapNya]. Itulah keberuntungan yang paling besar".

Al An'aam 6: 128
128. Dan (ingatlah) hari diwaktu Allah menghimpunkan mereka semuanya (dan Allah berfirman): "Hai golongan jin, Sesungguhnya kamu telah banyak menyesatkan manusia", lalu berkatalah kawan-kawan meraka dari golongan manusia: "Ya Tuhan Kami, Sesungguhnya sebahagian daripada Kami telah dapat kesenangan dari sebahagian (yang lain) dan Kami telah sampai kepada waktu yang telah Engkau tentukan bagi kami". Allah berfirman: "Neraka Itulah tempat diam kamu, sedang kamu kekal di dalamnya, kecuali kalau Allah menghendaki (yang lain)". Sesungguhnya Tuhanmu Maha Bijaksana lagi Maha mengetahui.
A'raaf 7: 36, 42
36. Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, mereka itu penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.
42. Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang saleh, Kami tidak memikulkan kewajiban kepada diri seseorang melainkan sekedar kesanggupannya, mereka Itulah penghuni-penghuni surga; mereka kekal di dalamnya.

Al Anfaal 8: 16
16. Barangsiapa yang membelakangi mereka (mundur) di waktu itu, kecuali berbelok untuk (sisat) perang atau hendak menggabungkan diri dengan pasukan yang lain, Maka Sesungguhnya orang itu kembali dengan membawa kemurkaan dari Allah, dan tempatnya ialah neraka Jahannam. dan Amat buruklah tempat kembalinya.

At Taubah 9: 17, 21, 63, 68, 72-73,100

17. Tidaklah pantas orang-orang musyrik itu memakmurkan mesjid-mesjid Allah, sedang mereka mengakui bahwa mereka sendiri kafir. Itulah orang-orang yang sia-sia pekerjaannya, dan mereka kekal di dalam neraka.
21. Tuhan mereka menggembirakan mereka dengan memberikan rahmat dari padanya, keridhaan dan surga, mereka memperoleh didalamnya kesenangan yang kekal,
63. Tidaklah mereka (orang-orang munafik itu) mengetahui bahwasanya Barangsiapa menentang Allah dan Rasul-Nya, Maka Sesungguhnya nerakan Jahannamlah baginya, kekal mereka di dalamnya. itu adalah kehinaan yang besar.
68. Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah mela'nati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal.
72. Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di surga 'Adn. dan keridhaan Allah adalah lebih besar; itu adalah keberuntungan yang besar.
73. Hai Nabi, berjihadlah (melawan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik itu, dan bersikap keraslah terhadap mereka. tempat mereka ialah Jahannam. dan itu adalah tempat kembali yang seburuk-buruknya.
100. Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.

Yunus 10: 27, 52
27. Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan (mendapat) Balasan yang setimpal dan mereka ditutupi kehinaan. tidak ada bagi mereka seorang pelindungpun dari (azab) Allah, seakan-akan muka mereka ditutupi dengan kepingan-kepingan malam yang gelap gelita. mereka Itulah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.
52. Kemudian dikatakan kepada orang-orang yang zalim (musyrik) itu: "Rasakanlah olehmu siksaan yang kekal; kamu tidak diberi Balasan melainkan dengan apa yang telah kamu kerjakan."

Huud 11: 39, 106
39. Kelak kamu akan mengetahui siapa yang akan ditimpa oleh azab yang menghinakannya dan yang akan ditimpa azab yang kekal."
106. Adapun orang-orang yang celaka, Maka (tempatnya) di dalam neraka, di dalamnya mereka mengeluarkan dan menarik nafas (dengan merintih),

Ar Ra'd 13: 5, 35
5. Dan jika (ada sesuatu) yang kamu herankan, Maka yang patut mengherankan adalah Ucapan mereka: "Apabila Kami telah menjadi tanah, Apakah Kami Sesungguhnya akan (dikembalikan) menjadi makhluk yang baru?" orang-orang Itulah yang kafir kepada Tuhannya; dan orang-orang Itulah (yang dilekatkan) belenggu di lehernya; mereka Itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.
35. Perumpamaan syurga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah (seperti taman); mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa, sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka.

Ibraahim 14: 29-30
29. Yaitu neraka Jahannam; mereka masuk kedalamnya; dan Itulah seburuk-buruk tempat kediaman.
30. Orang-orang kafir itu telah menjadikan sekutu-sekutu bagi Allah supaya mereka menyesatkan (manusia) dari jalan-Nya. Katakanlah: "Bersenang-senanglah kamu, karena Sesungguhnya tempat kembalimu ialah neraka".

An Nahl 16: 29

29. Maka masukilah pintu-pintu neraka Jahannam, kamu kekal di dalamnya. Maka Amat buruklah tempat orang-orang yang menyombongkan diri itu.

Thaahaa 20: 71, 73, 76, 101, 127
71. Berkata Fir'aun: "Apakah kamu telah beriman kepadanya (Musa) sebelum aku memberi izin kepadamu sekalian. Sesungguhnya ia adalah pemimpinmu yang mengajarkan sihir kepadamu sekalian. Maka Sesungguhnya aku akan memotong tangan dan kaki kamu sekalian dengan bersilang secara bertimbal balik, dan Sesungguhnya aku akan menyalib kamu sekalian pada pangkal pohon kurma dan Sesungguhnya kamu akan mengetahui siapa di antara kita yang lebih pedih dan lebih kekal siksanya".
73. Sesungguhnya Kami telah beriman kepada Tuhan Kami, agar Dia mengampuni kesalahan-kesalahan Kami dan sihir yang telah kamu paksakan kepada Kami melakukannya. dan Allah lebih baik (pahala-Nya) dan lebih kekal (azab-Nya)".
76. (yaitu) syurga 'Adn yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. dan itu adalah Balasan bagi orang yang bersih (dari kekafiran dan kemaksiatan).
101. Mereka kekal di dalam Keadaan itu. dan Amat buruklah dosa itu sebagai beban bagi mereka di hari kiamat,
127. Dan Demikianlah Kami membalas orang yang melampaui batas dan tidak percaya kepada ayat-ayat Tuhannya. dan Sesungguhnya azab di akhirat itu lebih berat dan lebih kekal.
Al Ambiyaa' 21: 99, 102
99. Andaikata berhala-berhala itu Tuhan, tentulah mereka tidak masuk neraka. dan semuanya akan kekal di dalamnya.
100. Mereka merintih di dalam api dan mereka di dalamnya tidak bisa mendengar.
101. Bahwasanya orang-orang yang telah ada untuk mereka ketetapan yang baik dari Kami, mereka itu dijauhkan dari neraka,
102. Mereka tidak mendengar sedikitpun suara api neraka, dan mereka kekal dalam menikmati apa yang diingini oleh mereka.

Al Hajj 22: 72
72. Dan apabila dibacakan di hadapan mereka ayat-ayat Kami yang terang, niscaya kamu melihat tanda-tanda keingkaran pada muka orang-orang yang kafir itu. Hampir-hampir mereka menyerang orang-orang yang membacakan ayat-ayat Kami di hadapan mereka. Katakanlah: "Apakah akan aku kabarkan kepadamu yang lebih buruk daripada itu, Yaitu neraka?" Allah telah mengancamkannya kepada orang-orang yang kafir. dan neraka itu adalah seburuk-buruknya tempat kembali.
Al Mu'minuun 23: 11, 103
11. (yakni) yang akan mewarisi syurga Firdaus. mereka kekal di dalamnya.
103. Dan Barangsiapa yang ringan timbangannya, Maka mereka Itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam neraka Jahannam.

An Nuur 24: 57
57. Janganlah kamu kira bahwa orang-orang yang kafir itu dapat melemahkan (Allah dari mengazab mereka) di bumi ini, sedang tempat tinggal mereka (di akhirat) adalah neraka. dan sungguh Amat jeleklah tempat kembali itu.

Al Furqaan 25: 15-16, 65, 69
15. Katakanlah: "Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertaqwa?" Dia menjadi Balasan dan tempat kembali bagi mereka?".
16. Bagi mereka di dalam surga itu apa yang mereka kehendaki, sedang mereka kekal (di dalamnya). (hal itu) adalah janji dari Tuhanmu yang patut dimohonkan (kepada-Nya).
Al 'Ankabuut 29: 25
25. Dan berkata Ibrahim: "Sesungguhnya berhala-berhala yang kamu sembah selain Allah adalah untuk menciptakan perasaan kasih sayang di antara kamu dalam kehidupan dunia ini kemudian di hari kiamat sebahagian kamu mengingkari sebahagian (yang lain) dan sebahagian kamu mela'nati sebahagian (yang lain); dan tempat kembalimu ialah neraka, dan sekali- kali tak ada bagimu Para penolongpun.
As Sajdah 32: 14
14. Maka rasailah olehmu (siksa ini) disebabkan kamu melupakan akan Pertemuan dengan harimu ini. Sesungguhnya Kami telah melupakan kamu (pula) dan rasakanlah siksa yang kekal, disebabkan apa yang selalu kamu kerjakan.

Al Ahzaab 33: 64-65
64. Sesungguhnya Allah mela'nati orang-orang kafir dan menyediakan bagi mereka api yang menyala-nyala (neraka),
65. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya; mereka tidak memperoleh seorang pelindungpun dan tidak (pula) seorang penolong.

Ash Shaaffat 37: 9, 68
9. Untuk mengusir mereka dan bagi mereka siksaan yang kekal,
68. Kemudian Sesungguhnya tempat kembali mereka benar-benar ke neraka Jahim.

Shaad 38: 55
55. Beginilah (keadaan mereka). dan Sesungguhnya bagi orang-orang yang durhaka benar-benar (disediakan) tempat kembali yang buruk,

Az Zumaar 39: 40, 72
40. Siapa yang akan mendapat siksa yang menghinakannya dan lagi ditimpa oleh azab yang kekal".
72. Dikatakan (kepada mereka): "Masukilah pintu-pintu neraka Jahannam itu, sedang kamu kekal di dalamnya" Maka neraka Jahannam Itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri.

Al Mu'min 40: 76
76. (Dikatakan kepada mereka): "Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka Itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong ".

Fushshilat 41: 28
28. Demikianlah Balasan terhadap musuh-musuh Allah, (yaitu) neraka; mereka mendapat tempat tinggal yang kekal di dalamnya sebagai Balasan atas keingkaran mereka terhadap ayat-ayat kami.

Asy Syuura 42: 45
45. Dan kamu akan melihat mereka dihadapkan ke neraka dalam Keadaan tunduk karena (merasa) hina, mereka melihat dengan pandangan yang lesu. dan orang-orang yang beriman berkata: "Sesungguhnya orang-orang yang merugi ialah orang-orang yang kehilangan diri mereka sendiri dan (kehilangan) keluarga mereka pada hari kiamat. Ingatlah, Sesungguhnya orang- orang yang zalim itu berada dalam azab yang kekal.
Az Zukhruf 43: 71, 74
71. Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas, dan piala-piala dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya".
74. Sesungguhnya orang-orang yang berdosa kekal di dalam azab neraka Jahannam.

Al Jaatsiyah 45: 34
34. Dan dikatakan (kepada mereka): "Pada hari ini Kami melupakan kamu sebagaimana kamu telah melupakan Pertemuan (dengan) harimu ini dan tempat kembalimu ialah neraka dan kamu sekali-kali tidak memperoleh penolong".

Al Ahqaaf 46:14
14. Mereka Itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya; sebagai Balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.

Muhammad 47: 15
15. (apakah) perumpamaan (penghuni) jannah yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada beubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak beubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka, sama dengan orang yang kekal dalam Jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya?

Al Fath 48: 6
6. Dan supaya Dia mengazab orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang musyrik laki-laki dan perempuan yang mereka itu berprasangka buruk terhadap Allah. mereka akan mendapat giliran (kebinasaan) yang Amat buruk dan Allah memurkai dan mengutuk mereka serta menyediakan bagi mereka neraka Jahannam. dan (neraka Jahannam) Itulah sejahat-jahat tempat kembali.

Al Qamar 54: 38
38. Dan Sesungguhnya pada esok harinya mereka ditimpa azab yang kekal.

Al Hadiid 57: 15
15. Maka pada hari ini tidak diterima tebusan dari kamu dan tidak pula dari orang-orang kafir. tempat kamu ialah neraka. Dialah tempat berlindungmu. dan Dia adalah sejahat-jahat tempat kembali".
Al Mujaadilah 58: 8, 17, 22
8. Apakah tidak kamu perhatikan orang-orang yang telah dilarang Mengadakan pembicaraan rahasia, kemudian mereka kembali (mengerjakan) larangan itu dan mereka Mengadakan pembicaraan rahasia untuk berbuat dosa, permusuhan dan durhaka kepada rasul. dan apabila mereka datang kepadamu, mereka mengucapkan salam kepadamu dengan memberi salam yang bukan sebagai yang ditentukan Allah untukmu. dan mereka mengatakan kepada diri mereka sendiri: "Mengapa Allah tidak menyiksa kita disebabkan apa yang kita katakan itu?" cukuplah bagi mereka Jahannam yang akan mereka masuki. dan neraka itu adalah seburuk-buruk tempat kembali.
17. Harta benda dan anak-anak mereka tiada berguna sedikitpun (untuk menolong) mereka dari azab Allah. mereka Itulah penghuni neraka, dan mereka kekal di dalamnya.
22. Kamu tak akan mendapati kaum yang beriman pada Allah dan hari akhirat, saling berkasih-sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, Sekalipun orang-orang itu bapak-bapak, atau anak-anak atau saudara-saudara ataupun keluarga mereka. meraka Itulah orang-orang yang telah menanamkan keimanan dalam hati mereka dan menguatkan mereka dengan pertolongan yang datang daripada-Nya. dan dimasukan-Nya mereka ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Allah ridha terhadap mereka, dan merekapun merasa puas terhadap (limpahan rahmat)-Nya. mereka Itulah golongan Allah. ketahuilah, bahwa Sesungguhnya hizbullah itu adalah golongan yang beruntung.

Al Hasyr 59: 17
17. Maka adalah kesudahan keduanya, bahwa Sesungguhnya keduanya (masuk) ke dalam neraka, mereka kekal di dalamnya. Demikianlah Balasan orang-orang yang zalim.

At Taghaabun 64: 10
10. Dan orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka Itulah penghuni-penghuni neraka, mereka kekal di dalmnya. dan Itulah seburuk-buruk tempat kembali.

Ath Thalaaq 65:11
11. (dan mengutus) seorang Rasul yang membacakan kepadamu ayat-ayat Allah yang menerangkan (bermacam-macam hukum) supaya Dia mengeluarkan orang-orang yang beriman dan beramal saleh dari kegelapan kepada cahaya. dan Barangsiapa beriman kepada Allah dan mengerjakan amal yang saleh niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sesungguhnya Allah memberikan rezki yang baik kepadanya.

At Tahriim 66: 9
9. Hai Nabi, perangilah orang-orang kafir dan orang-orang munafik dan bersikap keraslah terhadap mereka. tempat mereka adalah Jahannam dan itu adalah seburuk-buruknya tempat kembali.

Al Mulk 67: 6
6. Dan orang-orang yang kafir kepada Tuhannya, memperoleh azab Jahannam. dan Itulah seburuk-buruk tempat kembali.
Al Jin 72: 23
23. Akan tetapi (aku hanya) menyampaikan (peringatan) dari Allah dan risalah-Nya. dan Barangsiapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya Maka Sesungguhnya baginyalah neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya.
An Naba' 78 : 21-22
21. Sesungguhnya neraka Jahannam itu (padanya) ada tempat pengintai,
22. Lagi menjadi tempat kembali bagi orang-orang yang melampaui batas,
Al Bayyinah 98 : 6
6. Sesungguhnya orang-orang yang kafir Yakni ahli kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.

4 comments:

  1. Anonymous5:35 PM

    aswrwb,
    mhn ijin menggunakan materi tsb di atas utk mengisi pengajian. tk

    ReplyDelete
  2. Anonymous9:01 AM

    hmm, jadi bingung...

    ReplyDelete
  3. Abuario5:19 AM

    Subhanalloh, terimakasih Allah atas Hidayah Yang Engkau anugerahkan pada kami hari ini..untuk yang bingung, saya sarankan untuk banyak beristighfar,mohon petunjuk Allah..mudah mudahan Hidayah Allah akan senantiasa menaungi kita..Aamiinn

    ReplyDelete
  4. tapi saya juga yakin setiap orang yg pernah mengatakan " tiada Tuhan selain Allah dan didalam dirinya ada kebaikan pasti akan masuk syrga" itu sabda rasullullah yg jelas dan tidak perlu ditafsirkan lagi.

    ReplyDelete