Widget for website from webstatsdomain

myislam.blogspot.com-Google pagerank and Worth

Apr 29, 2007

Ayat Al Qur’an bukan 6666 tetapi 6236

Sering terdengar penceramah menyatakan bahwa jumlah ayat di dalam al-Qur'an adalah enam ribu, enam ratus, dan enam puluh enam (6,666).

Angka itu MANIS disebut, SENANG DIINGAT, dan SEDAP DIDENGAR!!!.

Namun begitu, bukan semua yang sedap didengar dan senang diingat yang dikeluarkan daripada mulut yang manis itu benar. Haruslah diperiksa dahulu sebelum menerimanya bulat-bulat. Apalagi kalau ia mengenai agama karena syaitan juga boleh berbuat demikian - "syaitan-syaitan daripada manusia dan jin, yang mewahyukan ucapan palsu yang indah-indah kepada satu sama lain, untuk menipu" (6:112).

Untuk mengetahui sama ada jumlah 6,666 itu benar atau tidak adalah tidak susah.

Cuma ambil sebuah calculator dan sebuah kitab al-Qur'an. Mula dari surah Fatihah yang diakhiri dengan nomor 7. Itu adalah jumlah ayat bagi surah tersebut. Kemudian pergi ke hujung surah 2 (al-Baqarah) dan bertemu pula dengan angka 286. Teruskanlah, surah demi surah, hingga ke hujung surah terakhir, iaitu surah yang ke-114. Campurkan kesemua angka itu, dan jumlah yang didapati adalah jumlah ayat-ayat al-Qur'an yang sebenar.
Disediakan di bawah ini satu senarai yang mengandungi surah-surah (menurut nomornya saja), jumlah ayat-ayatnya, dan jumlah kesemua ayat di dalam surah-surah itu, atau jumlah kesemua ayat kitab al-Qur'an yang sebenar:
Surah:
1-5 ( 7 + 286 + 200 + 176 + 120 ) = 789 ayat
6-10 ( 165 + 206 + 75 + 129 + 109 ) = 684
11-15 ( 123 + 111 + 43 + 52 + 99 ) = 428
16-20 ( 128 + 111 + 110 + 98 + 135 ) = 582
21-25 ( 112 + 78 + 118 + 64 + 77 ) = 449
26-30 ( 227 + 93 + 88 + 69 + 60 ) = 537
31-35 ( 34 + 30 + 73 + 54 + 45 ) = 236
36-40 ( 83 + 182 + 88 + 75 + 85 ) = 513
41-45 ( 54 + 53 + 89 + 59 + 37 ) = 292
46-50 ( 35 + 38 + 29 + 18 + 45 ) = 165
51-55 ( 60 + 49 + 62 + 55 + 78 ) = 304
56-60 ( 96 + 29 + 22 + 24 + 13 ) = 184
61-65 ( 14 + 11 + 11 + 18 + 12 ) = 66
66-70 ( 12 + 30 + 52 + 52 + 44 ) = 190
71-75 ( 28 + 28 + 20 + 56 + 40 ) = 172
76-80 ( 31 + 50 + 40 + 46 + 42 ) = 209
81-85 ( 29 + 19 + 36 + 25 + 22 ) = 131
86-90 ( 17 + 19 + 26 + 30 + 20 ) = 112
91-95 ( 15 + 21 + 11 + 8 + 8 ) = 63
96-100 ( 19 + 5 + 8 + 8 + 11 ) = 51
101-105 ( 11 + 8 + 3 + 9 + 5 ) = 36
106-110 ( 4 + 7 + 3 + 6 + 3 ) = 23
111-114 ( 5 + 4 + 5 + 6 ) = 20
-----------------------------------------------------------
Jumlah besar = 6,236 ayat
-----------------------------------------------------------

Maka bilangan ayat di dalam al-Qur'an adalah 6,236, bukan 6,666, seperti yang diajar ulama palsu.
Tiap-tiap surah, melainkan surah 9 (At-Taubah), bermula dengan "Bismillah." Akan tetapi hanya Bismillah yang pertama di dalam al-Qur'an, iaitu di surah 1 (Al-Fatihah), dikira sebagai satu ayat. Ini bermaksud ia diberi nomor, iaitu nomor 1. Bismillah di surah lain yang berjumlah 112 kesemuanya tidak dikira atau diberi nomor.

Andaikata bilangan 112 itu ditambah kepada jumlah besar 6,236 tadi, maka ia menjadi 6,348, yang bukan juga sebanyak 6,666 yang keramat itu.

Perbedaan bilangan ayat di antara dua jumlah tersebut (6,236 dan 6,348) dengan 6,666 adalah 430 dan 318. Perbedaannya besar.
Di manakah pula tersimpannya ayat-ayat yang berlebihan itu?
Mungkin terdapat orang yang mempercayai ada unsur mistik pada nomor 6666 itu.

Karena tiada ayat Allah daripada al-Qur'an yang tersembunyi. Tiada juga kebenaran pada kepercayaan yaitu hanya sesetengah orang sahaja yang mengetahui rahasianya.

Ayat-ayat Allah di dalam al-Qur'an adalah JELAS DAN NYATA untuk dibaca dan dijadikan petunjuk bagi semua lapisan manusia di dunia. Mereka diturunkan Allah sebagai bukti yang jelas lagi nyata atas kebenaran.

Masihkah kita masih percaya ayat AlQur'an itu 6666.

147 comments:

  1. yes i agree with u... i already know it... sampaikanlah walau satu ayat... :)May god bless u

    ReplyDelete
  2. Ayah Andi2:51 AM

    Jangan sinis, perhatikan dulu uraian di bawah ini...

    Teman" sekalian mengenai ayat al qur'an berjumlah 6666 ayat padahal setelah kita hitung jumlahnya 6236, sebenarnya ada suatu pesan yg tidak tersampaikan....jadi klo para ulama bilang bahwa ayat al qur'an itu berjumlah 6666 ayat itu sebenarnya tidak salah juga tapi ada sedikit yg harus di jelaskan....

    klo kita uraikan ada selisih 430 ayat (6666 - 6236 = 430)
    otomatis akan timbul pertanyaan....
    1.knapa bisa terjadi kelebihan 430 ayat...?
    2.apakah angka 430 ini sebuah kesalahan atau ada pesan yg tidak tersampaikan lewat angka 430 ini.....?

    klo kita berfikir sempit kita pasti brfikir "klo begitu para ulama telah menyesatkan umatnya donk"....?
    justru tidak begitu, ada pesan yg tida tersampaikan di balik angka itu......

    sekarang saya akan coba menjelaskan dengan apa yg saya ketahui dan yg telah saya pelajari tetapi saya akan membahas permasalahan ini dengan metodelogi numerik al qur'an.....

    Allah menciptakan al qur'an dengan begitu sempurna dan tidak ada ca"t sedikitpun, sungguh maha luar biasa allah menciptakan segala sesuatu di alam semesta ini berdasarkan perhitungan yang sangat akurat......begitu juga al qur'an allah menciptakan al qur'an dengan penghitungan yg sangat cermat dan akurat tidak hanya isinya saja yg sempurna tetapi angka" di dalamnya dan su"nan surat,halaman,jumlah baris,huruf" dan banyak lagi...tidak hanya asal menulis dan di tempatkan, semuanya di letakkan berdasarkan perhitungan yg sangat cermat....itulah makanya al qur'an disebut kitab yg sempurna yg membedakan dari kitab yg lainnya, tetapi kebanyakan umat saat ini tidak pernah sadar akan hal tersebut,,,,,,,,,

    Sekarang kita kembali ke permasalahan di atas angka 430 ada apa sich dengan angka ini....?

    angka 6236 = al qur'an, jadi bisa di ibaratkan angka ini adalah al qur'an/mewakili al qur'an.....
    kita sebagai umat muslim sangat di wajibkan untuk mempelajari al qur'an, dengan mempelajari al qur'an kita akan tahu mana yang baik dan tidak......sehingga kita akan mempunyai batasan dalam hidup ini.....

    makanya klo cetakan al qur'an dari karachi pakistan itu halaman awal dimulai dengan halaman 2 da 3 tidak ada hal 1,,,,,,knapa?karena dari angka tersebut al qur'an ingin menyampaikan sesuatu yg kita tidak sadar.....
    kita bahas sedikit....dari halaman depan saja ada pesan supaya kita di haruskan mempelajari al qur'an,,,,"hal 2 dan hal 3" klo kita ambil angkanya saja dan kombinasikan berarti menjadi 32 dan 23 ada apa dengan angka ini....?

    Kita larikan angka yang tadi ke dalam su"nan surat di dalam al qur'an....
    Surat ke-32 as sajadah (batasan)
    Surat ke-23 al mu'minun (orang" yg beriman)

    nah dari halaman depan saja al qur'an ingin menyampaikan suatu pesan kepada kita....yaitu wahai manusia pelajarilah aku karena dengan mempelajari aku kmu akan tahu 32 (as sajadah)/batasan, maksud batasan disini dengan mempelajari al qur'an kita akan tahu mana yang boleh dan tidak boleh..setelah kmu mengetahui batasan dalam hidup ini kata al qur'an kmu akan mendapat 23 (al mu'min)/orang" yg beriman, otmatis donk donk klo kita tahu mana yg baik dan buruk insya allah kita akan menjadi orang" yg beriman....;)apakah angka" di atas suatu kebetulan atau memang di buat dengan perhitungan yg sangat matang......?????

    kembali ke permasalahan 6236.....
    sebenarnya pesan angka 6666 tersebut kurang lebih seperti ini....bagi para umat muslim pelajarilah 6236/al qur'an sebagai pedoman hidupmu, dan jadikanlah 430 sebagai suri tauladan dalam tingkah pola kita sehari-hari.....

    lho kok 430 dijadikan sebagai suri tauladan...?apa maksud angka tersebut.....
    sebagai umat muslim suri tauladan kita semua adalah nabi muhammad saw. jadi angka tersebut adalah 430 = muhammad saw. knapa bisa begitu.....?

    sekarang kata muhammad kita urai yang terdiri dari huruf "mim, ha, mim, da"
    sekarang kita larikan ke surat
    mim huruf ke 24 -----> surat ke 24 jumlah ayat 64
    ha huruf ke 6 -------> surat ke 6 jumlah ayat 165
    mim huruf ke 24 -----> surat ke 24 jumlah ayat 64
    da huruf ke 8 -------> surat ke 8 jumlah ayat 75

    kita jumlahkan nomor surat dan jumlah ayat......
    24 + 64 = 88
    6 + 165 = 171
    24 + 64 = 88
    8 + 75 = 83
    ------+
    430
    jadi huruf muhammad itu klo di uraikan berjumlah 430,,,,,apakah angka" di atas sebuah kebetulan atau di berdasarkan perhitungan yg tepat,,,,,sungguh maha luar biasa allah menciptakan segala sesuatu di alam semesta ini berdasarkan perhitungan yg cermat dan akurat........

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan mengada-ada bung !
      hal yang hak adalah hak dan yang batil adalah batil
      maka mempelajari Al-quran adalah wajib, agar mengetahui pelajaran dan petunjuk didalam al-qur'an yang pada akhirnya akan membawa manusia menuju sirotol mustaqim yang sebenar-benarnya... namun terserah manusianya memilih yang batil atau yang hak..! mempelajari al-quran adalah wajib seperti perintah sholat kalu ndak melaksanakan berdosa...!

      Delete
    2. Anonymous6:13 AM

      ngawure pool...
      hahahaha...
      :D
      maaf ya..tapi itu terlalu memaksa..
      ckckck..

      Delete
    3. https://www.facebook.com/photo.php?fbid=169790849898182&set=a.108337269376874.1073741827.100006018031447&type=1
      coba liat bang ... 666,60,13... lihat semua angka yang ada di situ .. itu cuma kebetulan .. hehehee
      pertama 666 kemudian yang 60 , 13
      6666, 1+3 = 4... 43, 0 turunin ,, jadi 430 :v ngaco

      Delete
  3. Sebuah metodologi numerikal al qur'an, sebuah kebetulan, kajian atau ketepatan, wallahu alam, menjadi "PR" anda bagaimana anak-anak kita sampai mahasiswa kita digurui dengan angka "6666" Islam agama yang mudah.... dipahami & dijalani...

    ReplyDelete
  4. Tidak ada yang kita ragukan dari Al qur'an, kewajiban bagi kt semua untuk sama-sama mencari kebenaran dari semua ini. Wallahu aalam...

    ReplyDelete
  5. Anonymous9:01 AM

    cedok dari e bacaan ke?...
    dari segi matematik..sepanjang pembelajaran saya..tidak sampai pun 6666 ayat, mmg benar.jumlah yg diutarakan oleh para ulama yg saya pelajari mmg kurang drpd angka 6666.cuma berbeza dari segi jumlah ayat sahaja.ini disebabkan oleh status sesetengah ayat yg kdg2 mempunyai tanda wakaf.sama ada ia dikira 2 ayat atau satu ayat.wakaf ini adalah tanda berhenti pada sesetengah ayat.

    ReplyDelete
  6. ada pendapat lagi, yang saya fahami, bahwa ayat al-quran itu 1, misal: "Ar Rohmaani Rohiim" = Allooh, "Maaliki yaumiddiin" = Allooh, "Iyya kan'a budu wa iyya ka nastaiin" = Allooh, jadi ayat quran itu 1

    wallohu 'alam

    ReplyDelete
  7. Anonymous6:07 AM

    Ayah Andi, gak berdalil ternyata. Lilik Shoelystio agrumentatif. Klo beda buktikan.

    ReplyDelete
  8. maaf, saya ikut nimbrung, agar wacana tidak deadlock. saya tidak mau ikutan menyalahkan ulama, juga tidak ingin menjelaskan "misteri angka", namun insya allah saya bisa memberi kepastian dan penjelasan tentang kontroversi jumlah ayat. 1. arti "jumlah" dalam bahasa arab tidak sama dengan "jumlah" dalam bahasa indonesia (yang berarti "total", "keseluruhan"). kata "jumlah" dalam bahasa arab terkait dengan "fungsi" dan "penjelasan" tentang suatu maksud. jadi pijakan wacana anda sudah tidak tepat. 2. silakan baca kitab tafsir kiai nawawi al-bantani yang menjelaskan: mengapa jumlahnya ada 6666 ayat. angka 6666 itu bukan angka hitungan, melainkan nawawi al-bantani memilah secara tematik ayat-ayat al-qur'an itu, lantas dari masing-masing tema dijumlahkan, hasilnya 6666. karena ayat al-qur'an tidak saling-pisah (kadang satu ayat mencakup 2 atau 3 tema, hasilnya 6666. selisih ratusan ayat dari "angka" yang matematis. bukan hanya nawawi al-bantani yang punya sistematika tematik al-qur'an, ada ratusan mufasir lainnya. dan tetap mengarah ke 6666. pijakan ratusan orang mufasir yang sudah menekuni al-qur'an selama puluhan tahun itu, sungguh berbeda dengan cara orang yang lebih suka "menjumlah" dan mencari "misteri". lain kali, kalau copy-paste pendapat orang ya cantumkanlah sumbernya, ada google dan copyscape yang bisa periksa. jangan gampang menyalahkan ulama. baca kitabnya mungkin lebih bijak. ok, cheers!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7:45 AM

      Jujur saja, saya sebagai orang awam yang juga menghitung ketemu 6236. Kalaupun ada sekian banyak teori tentang perhitungan atau penggolongan ayat Al-Quran, mohon untuk ditunjukkan hasil rincinya jumlah ayat tiap surat sehingga jumlah akhirnya tepat dengan angka 6666. Mestinya gampang kan? Dan itu bilangan riil sederhana. Janganlah orang2 awam ini makin dipusingkan dengan teori yang tingginya selangit tapi tanpa bukti. Prinsip saya sederhana, Al-Quran itu benar, diwahyukan Allah tetapi ditulis oleh manusia.
      Contoh sederhana : A dan B menghitung banyak motor di gudang X dan Y. A melaporkan X = 15 dan Y = 10 jadi total 25. B melaporkan X = 16 dan Y = 12 jadi total 28. Ternyata A hanya menghitung motor yang bagus sedangkan B mengikutkan motor yang rusak. Tapi mereka berdua punya data.
      Tolonglah tunjukkan pada saya dan teman2 sesama awam ini rincian termaksud. Bisa kan???

      Delete
  9. saya sudah ngitung pake excel kok malah 6280...mhn penjelasan balik yah..thx

    ReplyDelete
  10. eh salah dink, ternyata 6236, saya salah masukkan angka, hehe

    ReplyDelete
  11. yang lebih penting dari sekedar melihat angka-angkanya adalah memelajari dan mengimplementasikan dalam kehidupan kita sebagai muslim.. jangan terjebak angka!

    ReplyDelete
  12. Anonymous4:07 AM

    halah, kenapa harus ada pake suri tauladan segala? kalau salah bilang aja salah -___-

    orang islam suka gitu ah. nyebelin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous9:26 AM

      kog lo nyalah nyalahin orang islam lo islam bukan...????

      Delete
  13. wah ijinkan saya memposting ulang materi ini...makasih atas infonya....
    http://www.pembelajaranislami.co.cc

    ReplyDelete
  14. ada apa sich dengan angka 6666.yang dimakan kambing dihitung nga....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan sudah jelas dalm dalam ajaran islam itu tidak ada paksaan ini bukti nya; Allah Ta’ala berfirman:

      لآَإِكْرَاهَ فِي الدِّينِ قَد تَّبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ فَمَن يَكْفُرْ بِالطَّاغُوتِ وَيُؤْمِن بِاللهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَى لاَ انْفِصَامَ لَهَا وَاللهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

      “Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya dia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”(Al-Baqarah: 256). dan Nomor Surat: 109

      Arti Nama Surat: Orang-orang kafir

      Jumlah ayat: 6 (enam) ayat

      Diturunkan di:

      Golongan surat:

      Informasi Tambahan:

      Katakanlah: “Wahai orang-orang kafir,
      QS. al-Kafirun (109) : 1

      Aku tidak menyembah apa yang kamu sembah.
      QS. al-Kafirun (109) : 2

      Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah.
      QS. al-Kafirun (109) : 3

      Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,
      QS. al-Kafirun (109) : 4

      dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah.
      QS. al-Kafirun (109) : 5

      Untukmulah agamamu, dan untukkulah, agamaku”.
      QS. al-Kafirun (109) : 6
      islam adalah agama pembawa cahaya bagi seluruh
      umat,islam agama yang membawa perdamian bagi seluruh alam.


      kristen,nasrani,yahudi,majusi,itu tau klu diakhir zaman akan datang seorang rasul dari bangsa arab,yaitu MUHAMMAD RASULLULLAH,tapi akibat faktor keamanan jabatan dan tahta,,, kitab perjanjian lama dan kitab perjanjian baru dirubah oleh para pastur pendeta dan penghuni greja,yg mereka ubah hanya 3 macam konsep
      1.ketuhan
      2.kabar akan datangnya seorang rasul setela nabi isa anak sitai mayaryam
      3. hukum hukum yg ada di kitab perjanjian lama dan baru

      Delete
  15. Anonymous12:52 PM

    ada doktrin suatu agama yang mengatakan " akan turun anak manusia dengan membawa angka 666, yang dibawanya itu adalah ayat- ayat setan.
    nah kalau kita mengaCu dengan doktrin agama tersebut maka tanpa kita sadari kita telah menguatkan doktrin tersebut. tapi apa hasil. inilah bukti ALLAH menjaga ayat - ayatnya sebagai mana yang dijanjikannya dalam Al QURAN

    ReplyDelete
  16. Anonymous11:22 PM

    Mari mengkaji kedalaman ayat-ayatnya...bukan jumlahnya..Nuhun.

    ReplyDelete
  17. Memang benar jumlah ayat al-qur'an adalah 6236, sayapun waktu pertama kali terkejut dan tidak percaya, karena selama ini saya tidak pernah menghitung, hanya mendengar dari guru saja.
    Namun setelah saya hitung jumlahnya benar-benar 6236, dan jumlah tersebut saya hitung berkali-kali melalui metode manual hitung satu-persatu hingga hitung dengan kalkulator, sampai pakai exel. hasilnya tetap sama 6236.
    setelah itu saya makin menggali misteri 6666 ayat dalam al-quran. ternyata selain kajian yang disampaikan ayah andi pada komen pertama di atas, ada maksud lain para murtadin untuk mempertahankan jema'at mereka dengan mendakwakan bahwa 666 adalah simbol para antichrist dan dajal. dikait-kaitkan dengan al-qur'an, namun al-qur'an berjumlah lebih dari 666 oleh karena itu mereka tambahkan angka 6 di belakangnya.
    SEmua mushaf qur'an (bukan termasuk tafsirnya)selalu memelihara jumlah ayat. juka anda tidak percaya silahkan saja lihat surah al-fatihah yang pasti berjumlah 6 baris,selalu di halaman 2, demikian pula al-baqaroh yang pembukaannya selalu selalu terletak pada halaman 3 danberjumlah 6 baris. dari mushaf tahun berapapun sampai sekarang kita dapat melihatnya sebagai jumlah ayat 6236.

    ReplyDelete
  18. Anonymous2:27 PM

    6236 bisa di urai
    6 2x3 6

    jumlah surah 114 bilangan istemewa
    114
    141
    411
    di jumlahkan : ^_^"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous6:28 AM

      kenapa nda sekalian..
      6x2x3x6??
      ato mau 623x6??
      ato sekalian..ditambahin 114 digabungin??
      sekalian jumlahin aja 1x1x4??
      :D
      asik yaa...acak aja ngitungnya..
      yang ngajarin sapa neng....
      cari aja..gimana dah enaknya..biar keliatan sesat..
      padahal jelas ngitung diajari jaman sd itu ngitung gimana..
      kalau susah..itung 1-1 aja..

      Delete
  19. Anonymous12:42 AM

    @atas gw..
    lebay,maksa bgt,6236 yg dikali ditengahnya doang,
    yg 114 dijumlah doang diputer2,
    maksa abis..saking pengen dapet angka 666

    ReplyDelete
  20. hamba Allah yang mengharapkan kebenaran6:56 AM

    dari apa yang saya, emang kebanyakan orang menceritakan jumlah ayat ada 6666. tak tau lah samada jumlah yang diutarakan itu detelah dibuat kajian atau pun tidak. tetapi setakat yang saya tahu mengikut apa yang dipelajari dan yang saya hitung, emang jumlah ayat yang terpapar hanya 6236. ini juga bertepatan dengan pendapat ahlu kufah. mana jumlah yang tepat tak pasti lah. wallahu'alam......

    ReplyDelete
  21. hamba Allah yang dambakan kebenaran7:07 AM

    kita jgn lah cepat melatah utk membuat andaian atau tafsiran sendiri tanpa sebarang kajian atau selidikan mendalam. pendapat para ulama terdahulu yg lebih arif tentang al-quran tak de pun yg mengemukakan pendapat yg ayat quran terdapat 6666. setahu saya, hanya org melayu kite je yg banyak memberi komen sedemikian. saya sependapat dgn pandangan ahlu kufah bahawa jumlah ayat sebanyak 6236 ayat.

    ReplyDelete
  22. anak wong jowo gerik (ruzaini)7:17 AM

    kulo karo derekekang teman sedoyo wesh hitungi jumlah ayate quraan sakin surah alfatihah - surah annas. jumlahnye enam ngewu ro ngatus telun puloh enam (6236) jee...sapo orak pcayo, monggo kiraen dewwee....

    ReplyDelete
  23. syafina karo temen2 Malaysia7:26 AM

    kami telah hitungi lebih kurang setengah jam, saya karo teman2 dapati ayat al-quran hanya terdapat 6235 saje. ntah tang mana silap, saya ngk ngerti deh..ntah kakulator yg senget or my friends yang ngak ngerti guna kakulator..pe pun kami semua butuhkan jumlah ayat quran yg sebenar. arap hitung meneh, kami sedoyo west capek bangat....huhuhuhu capek...capek...waduh3..arap turu..

    ReplyDelete
  24. Anonymous6:06 AM

    Assalamualaikum...!!!
    Maaf ikut nimbrung !!
    Ada yg tau ga kalau dalam bacaan Alqur'an dalam satu Ayat ada tanda komanya / tanda berhentinya ??? Kalau ada berarti bisa jadi 1 Ayat yg kita hitung bisa jadi jumlahnya lebih dari satu...
    Mohon penjelasannya
    Wassalam...!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous6:32 AM

      tidak..al quran sudah diatur sedemian urutanya..bahkan surat mana dulu yg ditulis itu sudah diatur.
      maka semua sudah fix,jangan mengada2 sesuatu yang Allah tiad ajarkan..

      Delete
  25. Assalamualaikum...!!!
    Maaf ikut nimbrung !!
    Ada yg tau ga kalau dalam bacaan Alqur'an dalam satu Ayat ada tanda komanya / tanda berhentinya ??? Kalau ada berarti bisa jadi 1 Ayat yg kita hitung bisa jadi jumlahnya lebih dari satu...
    Mohon penjelasannya
    Wassalam...!!

    ReplyDelete
  26. Anonymous8:55 PM

    aduuuh ummat islam malah sibuk dengan hitungan jumlah ayat. yang terpenting sudahkah kita mengaflikasikan ayat-ayat tsb dalam kehidupan kita sehari-hari?

    ReplyDelete
  27. Anonymous7:56 AM

    dibaca al quran Nya di bacaaaa... bukan di perdebatkan !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous3:32 PM

      Benar, dibaca Alquran itu, pasti tidak dapat menguasai kesemuanya....Hanya Allah swt yang maha mengetahui.

      Delete
  28. Anonymous11:19 PM

    sudah jelas 6236!!yang 6666 belum ada kalkulator... Yang Paling penting adalah sudahkah kita mengamalkan isi alquran ? boro-boro ngamalin baca aja males... buat semuanya tetap bersatu walau beda pendapat,buat yang beriman kepada Allah buktikan kita adalah umat untuk seluruh alam semesta

    ReplyDelete
  29. Anonymous7:32 AM

    Sorry ikutan nyemenk....
    Tuan-tuan dan abangku yang pintar...
    silahkan saja memberikan argumentasi masing-masing...tetapi mohon diingat:
    (1)Jangan pernah menyalahkan seorang Ulama..terlebih Ulama tsb. lebih tingggi derajatnya dari kita (2)Tidak semua hal yang dapat diterima secara akal...bila seorang Ulama menyebut jumlah ayat ada 6666..maka kita terima saja..begitujuga sebaliknya ada yang sebut 6236...kita maklumi saja. (3)Jangan pernah menjelekkan seorang Alim..belum tentu kamu lebih mulia dan hebat.

    ReplyDelete
  30. Anonymous7:32 AM

    aku mo cari kepastian yang mana, DEPAG buat soalnya gitu, tapi pilihanya ada 6236 n 6666, yang mana tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7:52 AM

      hehehehe...
      yang bego Depagnya kaleee...
      aku gak bisa baca Al-Quran, tapi kebetulan punya Terjemah terbitan Depag yang tiap surat ada muqadimah, jumlah ayat dan penutup. eeee.... ketemu angka 6236.
      kalo yang sederhana aja salah, jangan dulu deh bicara yang selangit.

      Delete
  31. Anonymous5:18 AM

    terimakasih, selama ini saya ingat jumlahnya 6666

    ReplyDelete
  32. maaf saya org yg bodoh dlm beragama cuman ada pertanyaan sy buat sdr : Lylik Shoelystio
    1. apa motif anda membuat tema ini.... sadarkah anda akibat tulisan anda ini.
    2. jika memang bener anda ingin tahu kenapa jmlhnya 6666. mengapa anda tdk langsung bertanya kepada pr ulama yg memberikan pernyataan tersebut.
    3. anda mengatakan islam itu MUDAH dipahami dan dijalani jika memang benar adanya silahkan jawab pertanyaan saya :
    a. jelaskan maksud/arti ayat 1 surat Al-baqarah (Alif Lam Mim) bahkan bangsa arab jahiliyah tak mampu mengartikan ayat ini.

    b. Jika pemerintah mengambil semua harta anda untuk disimpan/diberikan pd yatim piatu apakah anda IKHLAS.... kl belum berarti ilmu IKHLAS anda belum selesai.

    Berpikirlah sebelum berkata... dan berkatalah disaat orang lain berpikir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous12:46 AM

      memang anda bodoh dab.

      Delete
  33. iki opo maneh...mumet aku membaca.....seng penting mjaga sholat....membaca alquran dan memahami isinya....mengaplikasikan dalm kehidupan sehari2....berinfak,berzakat,membantu anak2 yatim piatu....pokoke seng sesuai dan tuntunan al quran dan al hadist wae lah....oke coy...???

    ReplyDelete
  34. Anonymous1:10 AM

    solat...woy solaaatt...

    ReplyDelete
  35. Assalamu'laikum...
    semoga kita semua senantiasa dirahmati Allh..

    Ikut coment ya..
    Sudara seimanku, saya ingin menyederhanakan perbedaaan angka 6.666 VS 6236 jumlah Ayat dalam Al-qur'an.
    kalau kita itung secara tematik dengan menghitung langsung jumlah ayat yang ada tentu kita dapatkan jumlah 6.236 Ayat. nah angka 6.666 ayat itu gimana? untuk itu kita sebaiknya bijaksana sebelum mengutarakan pendapat. Ulama tidak gegabah dalam menghitung jumlah ayat yang terkandung dalam al-qur'an. perlu ilmu untuk mempelajari Al-qur'an...ulama terdahulu bukan orang bodoh yan tak mampu berhitung...tapi sudah cukup ilmu kah kita unuk mengatakan jumlah ayat Qur'an itu 6.236 Ayat? sudah berapa Ayat yang bisa kita hafalkan, kita terapkan, kita patuhi, kita yakini sebagai mulim yang sejati???
    jadi jangan asal hitung kalau ga punya ilmunya..ini masalah yang sensitif. lebih bahaya lagi jikalau sampai menyalahkan ulama...Allahua'lam..

    ReplyDelete
  36. Mau ikutan ah,Wahai kawan ,saudara,karib kerabat dan handai taulan orang yang mengatakan bahwa Ulama yang berpendapat tentang ayat alqur'an jumlahnya ada 6.666 ayat di katakan ulama palsu itu perlu belajar agama lebih dalam lagi terutama berakhlaq jangan hanya bisa mencela,ingat kuman di sberang lautan tampak gajah di depan mata tak tampak.
    Ayat alqur'an yang di katakan 6.666 ayat itu bukan tidak pakai penyelidikan terlebih dahulu seperti yang di tuduhkan oleh penulis diatas.Paara Ulama itu sungguh lebih jauh tinggi ilmunya daripada kita.Baru menjumlahkan ayat Alqur'an pakai kalkulator saja sudah menganggap seolah-olah sebagai mujtahid kelas wahid.Penulis artikel tersebut hendaknya sedikit berpikir jenius bagaimana dia dapat berpikiran seperti itu.
    Berpendapat bahwa ayat alqur'an itu jumlahnya 6.236 ayat itu tidak salah,akan tetapi menyatakan orang yang berpendapat ayat alqur'an berjumlah 6.666 ayat itu ulama palsu,barangkali itu yang kurang waras.
    Di dalam ilmu baca Alqur'an di kenal dengan istilah waqaf.Sebagian Ulama berpendapat bahwa waqaf dalam alqur'an itu ada dua yaitu waqaf sughra dan waqaf kubro.Sebagai gambaran sedikit adalah surat Alquraisy yang berbunyi " falyakbudu robba hadzal bait alladzi ath 'amahum min ju' wa amanahum min khouf " ayat ini ada yang berpendapat dua ayat bukan satu ayat.nah dari sini bisa di paham jika ayat ini saja mereka berpendapat dua ayat maka bisa di katakan orang yang menyatakan ayat alqur'an berjumlah 6.666 ayat tidak bisa di katakan salah terlebih menuduh sebagi ulama palsu.Kiranya pembawa artikel tersebut lebih memperdal ilmunya yang sangat dangkal tersebut.Yang perlu sangat untuk di ingat bahwa perbedaan pendapat para ulama adalah rahmat.Orang yang mengakui ayat qur'an berjumlah 6.666 ayat qur'annya sama dengan orang yang berpendapat 6.236 ayat,kenapa kita mesti seperti orang kebakaran jenggot tentang hal ini.sikap yang perlu bagi kita adalah bagaimana menghormati pendapat orang lain.smoga mengobati penyakit hati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous9:44 AM

      setuju pak de

      Delete
  37. para orang alim yang jumlahnya banyak tidak mungkin sepakat dalam hal yg tidak haq. kita lah yang hars menggali rahasia di balik itu smua....., ilmu kitalah yang belum sampe ke derajatNya...

    ReplyDelete
  38. terima kasih infonya.

    http://mygodisone.blogspot.com

    ReplyDelete
  39. Anonymous6:24 PM

    walaupun daripada kecil aku diajar al-quran itu mengandungi 6666 ayat..dan aku telah menghitungnya..ternyata mengandungi 6236 ayat...namun aku tetap yakin AL-QURAN ITU MENGANDUNGI 6666 AYAT....ALLAHUAKBAR....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous6:44 AM

      ALLAHUAKBAR

      Delete
  40. SY TDK AKAN MERINCIKAN BERAPA JUMLAHNYA TAPI COBA SAUDARA MULAI MENGHITUNG DARI ALIF, BA, TA SA, SAMPAI SELESAI AKAN DIDAPAT HASILNYA BUKANYA DIJUMLAH DIKURANG DIKALI DIBAGI

    ReplyDelete
  41. Anonymous1:18 AM

    saya tidak sependapat kalo ada yg mengatakan: "Jangan pernah menyalahkan seorang Ulama..terlebih Ulama tsb. lebih tingggi derajatnya dari kita"....
    emang ulama itu malaikat....yg bener aja dong!
    yg pasti 6666 itu salah itung kalee...yg bener ya 6236 aku dah itung lagi barusan.
    udah ya.....sekarang ada berapa huruf dalam alqur'an ya? itu yg aku belum itung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous11:54 AM

      klo ngebacot pake ILMU donk...ulama adalah pewaris para nabi, klo ga percaya ulama berarti ga percaya ma nabi n berarti ga percaya ma Rukun IMAN. klo mo ngitung jumlah ayat alquran, pake IMAN dan ILMU. sotoy lo!!!

      Delete
    2. Anonymous6:40 AM

      saya setuju..banyak ulama sesat..
      coba aja dah..di alquran keluaran 1000 tahun yang lalu tertulisnya berapa..
      BERAPA AYAT..!!
      karna Allah yang menjaga kemurniannya..makanya masih tertulis sama dengan yang cetakan pertama.

      Delete
  42. Anonymous11:48 PM

    saya pingin tahu dan nama ulama yang pertama kali memberikan jumlah ayat dalam Al-quran itu 6666 ?

    ReplyDelete
  43. Anonymous12:01 AM

    bisa kasih saya informasi,....
    ulama atau khalifah atau,....
    yang pertama kali mengutarakan dan menyebutkan kalau jumlah ayat di dalam Al-Quran itu jumlahnya 6666, sementara saya sudah menghitungnya sebayak 6236 ayat, kalaupun bismillah dimasukkan, berarti 6236 ditambah 114
    hasilnya menjadi 6350.
    tapi,...
    yang paling penting adalah kita selalu membaca al-quran, dan menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari.serta mengikuti cara bertingkah laku seperti Nabi Muhammad SAW. dengan penuh keyakinan kepada Allah SWT.

    www.Budiyanayudistira@yahoo.com

    ReplyDelete
  44. Anonymous1:05 AM

    Buat penulis artikel ini, tolong dikaji lebih dalam kitab-kitab klasik yang ditulis oleh para 'Ulama di zaman keemasan Islam. Seperti kitab Al-Itqan fi 'Ulumil Qur'an karya Jalaluddin al-Suyuthi, Manahil al-'Urfan fi 'Ulum al-Qur'an karya Muhammad Abdul Adhim al-Zarqani, Al-Tibyan fi 'Ulum al-Qur'an karya Muhammad Ali Al-Shabuni, Mabahits fi 'Ulum al-Qur'an karya Manna' Khalil al-Qahtan dan masih banyak kitab-kitab yang lain. Saya sedikit ingin mengungkapkan apa yang pernah saya baca dari kitab al-Itqan fi 'Ulum al-Qur'an karya Jalaluddi al-Suyuthi, beliau menuliskan bahwa menyibukkan diri untung menghitung jumlah ayat al-Qur'an adalah kurang bermanfaat, dan untuk mengetahui prihal tersebut beliau menyarankan untuk membaca kita Ibnu al-Jauzi yang berjudul Funuun al-Afnaan. Kitab tersebut khusus membahas tentang perhitungan ayat-ayat al-Qur'an. Lalu hendaknya kita jangan terlalu mudah mengatakan bahwa seorang 'Ulama yang menyebutkan jumlah ayat al-Qur'an adalah 6666 sebagai pendusta. Begitu juga untuk tidak seenaknya berprasangka buruk terhadap orang lain apalagi 'Ulama yang tanpa karya-karya mereka, kita tidak dapat mengenal Islam sejauh ini. Allah berfirman : "Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang." (al-Hujarat [49] ayat 12). Jazakumullah 'ala khairi afkarikum..

    ReplyDelete
  45. almufiy6:08 PM

    Penjelasan tentang 6666 menurut seorang ulama sbb :
    Ibnu Huzaymi, seorang dari imam2 besar membuat penjelasan dalam bukunya “An Nasih wa’l Mansuh”:
    1000 ayat tentang janji(wa’ad);
    1000 ayat tentang ancaman (wa’id);
    1000 ayat perintah (amr)
    1000 ayat larangan(nahy)
    1000 ayat informasi dan sejarah
    1000 ayat peringatan dan contohnya
    500 ayat aturan
    100 ayat doa dan pemuliaan
    66 ayat “nasih and mansuh” ("yang menghapus and dihapus")

    Jumlah nya 6666 ayat dalam AlQuran.

    sumber http://askaquestionto.us/question-answer/revealedbook/how-many-verses-ayahs-are-there-in-the-quran/

    ReplyDelete
  46. Anonymous2:32 AM

    Mnurut sayah....kta tak perlu pusing2 mna yg salah dn mana yg bner......krna sbnerny g ad yg tau ayat asli alquran selain penciptanya y itu allah......krn yg trsirat lbih bnyak dr pada yg tersurat kita cukup menggali isi alquran itu........dan sehari hari aku slalu ktmu ma ayat ni...contohny audzubillahhimminassytonnirrodzim....apa itu ada d dalam alquran? hehe

    ReplyDelete
  47. Anonymous1:25 AM

    dari pada berdebat tentang banyak nya ayat Al-Qur'an, lebih baik berdebat dengan diri sendiri sberapa banyak sering nya kita baca Al Qur'an by Ayu

    ReplyDelete
  48. Anonymous5:09 PM

    6+2+3+6 = 17 (1+7=8)
    tanggal 17 - 8 - 45 (4+5=9)
    surat ke 9 tu At-Tawbah
    Menurut Aku itu sebuah perintah dari presiden pertama (RI) menyuruh rakyat indonesi BERTAUBAT....

    Iseng2 aj ngitungnya om hehe...... :p

    jng lupa didlam
    al qur'an tu jga dilarang/mengharamkan Berazimat bgi umat islam, bgi yg tidak pernah menggunakan barang tersebut, jng lah para umat islam menyembahyangkan jenazahnya, langsung bakar aj X........
    (bagi yang menyembahyangkannya Lnsung msuk neraka pling dasar, brukkkkkkk......, astafirrullahhal'azimmmm)

    ReplyDelete
  49. ALQUR'AN...memang yang sebenar nya adalah 30juz 114surat 6666 ayat..sekarang anda melihat hanya 6236 atau 6238..pernahkah anda mendengar SYARE'AT THAREKAT(thori'at)HAKEKAT dan MAKRIFAT..
    jika anda mempelajarinya, kekurangan tersebut akan mengetahui nya dan jika tidak,,hanya perdebatan dan kehancuran yang di dapat

    trims moga2 bermanfaat

    ReplyDelete
  50. kita sebagai kaum muslim, mempunyai banyak ulama', dan kita tidak dipatok harus ikutulamak yang mana, maka dari itu, kalo toch ada yang mau berpendapat ayat alquran itu jumlahnya ada berapa, itu tergantung dari diri kita masing-masing,, maw ikut ulama' yang mana.. terima kasih untuk teman semua yang telah berdiskusi bukan hanya sekedar omong kosong,, tapi bisa memberi pelajaran bagi kaum muslimin semua,, termasik diri saya.....
    salam dari syafii

    ReplyDelete
  51. wong jumlah ayat kok berdasar pendapat...,ya tinggal hitung aja.kan itu jumlah yg di beritahukan kepada semua umur ...dari TK sampai insinyur.kalo memang 6236 ayat ya akui aja memang segitu...kok repot amat sih.ga usah pake berbelit2 kaya orang sintinglah....pake teori ini itu kaya kurang kerjaan.di mana2 yg namanya jumlah ayat ya tinggal hitung aja apa adanya.ini barang nyata bro...ada angkanya dari surat 1 ayat 1 sampai surat 144 ayat terakir ya memang 6236 ayat.ini kenyataan.....kok banyak bener orang goblok ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, ya. Tapi kalo ngebacot tolong pake OTAK. Kamu pikir memahami tentang ayat-ayat Al-Qur'an itu tak pake TEORI dan ILMU?

      Delete
  52. @batok59:gak nyambung boss....,di mana2 yg namanya jumlah ya tetap sama.kalo anak2 sd di tanya dalam ujian sekolah berapa jumlah ayat dlm quran??? jawabnya 6666.berarti ini pandangan hakekat ya??? hebat dong anak2 kita...coz secara lugas jelas terhitung 6236.
    KITA HARUS TEGAS:KATAKAN BENAR KALO ITU BENAR...KATAKAN SALAH KALO ITU SALAH.kita di jajah belanda 350tahun....dan selama itu banyak ulama palsu hasil didikan belanda....dan jumlah 6666 itu jebakan mereka untuk memperkuat argumen bahwa islam sesat dari sudut pandang mereka.itu cara dajjal memutar balik fakta.di mata mereka angka 666 adalah angka ajaran setan.kalo kita tetap mengikut pendapat bahwa jumlah ayat quran 6666 berarti kita mendukung pendapat mereka,dan terjebak dalam olok2 para dajjal.SAYA MENGATAKAN DENGAN TEGAS BAHWA ALQURAN DI SELURUH DUNIA SAMA.TERDIRI 30JUZ, 114 SURAT, 6236 AYAT.INI NYATA DAN FAKTA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous9:55 AM

      nama lo aja wong ndeso..jd ngomong seenak jidat kaya wong ndeso...boleh lo pertahankan argumen lo tp jgn bilang sinting n goblog segala...ada jg lo ntu yg sinting n gobloggg....

      Delete
    2. Anonymous6:50 AM

      walau pun begitu dia benar menurut saya dalam isi.
      alquran selama 1400 tahun tidak berubah isinya..penulisannya..penomeranya..
      sampai titik dan komanya..
      bukan kah masa penulisan alquran itu pada masa shahabat.?
      yang sangat paham lebih dari ulama dari zaman manapun??
      karna beliau2 itu adalah orang2 terdekat dengan rasul

      Delete
  53. Anonymous7:30 AM

    lalu yg benar yg mn????????????

    ReplyDelete
  54. Anonymous9:56 AM

    Inilah yang memamulkan selau berdebat...kalau tidak percaya yang bener hitung sendiri ada berapa ayat. Saya kira ini sangat mudah...biar haqul yakin....

    ReplyDelete
  55. Anonymous9:41 PM

    suci isinya , maknanya, tulisannya, jumlahnya, titik dan banyak hurufnya.

    ReplyDelete
  56. Subhanallah . . . . . . .

    ReplyDelete
  57. Anonymous1:45 PM

    Assalamualaikum..
    sesama muslim haruz aqur dund.. Jgn saling menghujat, berpendapat boleh, tp jgn nyolot (syetannya jd senyum2 tuh).apakah itu yg anda inginkan.

    Manusia d ilham kan akal emang untuk berfikir, jd kajian qt jgn sampe wacana ini aja, cari refrensi lain, terus beqfikir truz mengkaji yg tersurat dan tersirat.

    Saya hargai semua pendapat n saya hormati ulama.
    Manusia salah itu biasa, karena Kebenaran hanya milik ALLAH SWT.

    Hati2 jika anda sudah merasa paling benar..

    ReplyDelete
  58. Raushan2:01 PM

    PERBEDAAN JUMLAH AYAT AL-QURAN
    1) Di sisi Ulama Kufah terbahagi kepada 2 pendapat
    Pendapat pertama - 6217
    Pendapat kedua - 6236. Pendapat ini yang digunapakai untuk kebanyakan Mashaf dengan Qiraat Hafs dari Imam 'Asim.


    2) Di sisi Ulama Madinah (kelompok pertama) terbahagi kepada 2 pendapat juga :

    Pendapat pertama - 6217
    Pendapat kedua - 6214


    3) Ulama Madinah (kelompok kedua) - 6214

    4) Ulama Makki - 6210

    5) Ulama Syam terbahagi kepada 3 pendapat :

    Pendapat pertama - 6226
    Pendapat kedua - 6227
    Pendapat ketiga (pendapat Ulama Himsi)- 6232


    kenapa bisa berbeda? karena ada yg memasukan Bismillah itu suatu ayat ada yg tidak, kemudian ada yg memotong 1 ayat yg panjang (mungkin biar ga capek bacanya) itu dianggap 2 ayat atau lebih. Ibaratnya yg seharusnya tanda koma ada yg menjadikannya titik.

    semoga penafsiran jumlah ini tidak menimbulkan perpecahan, karena tidak ada 1 hurufpun yg dikurangi.

    ReplyDelete
  59. fauZan iSLam9:16 PM

    Lylik Shoelystio....
    jangan asal bicara menjelek2kan ulama...
    memangnya kamu ULAMA ???????????????
    kamu lebih tepat disebut sok pintar dan sombong...
    ingat ya: kebejatan setan yg paling tua adalah kesombongan, merasa diri lebih baik... dan kamu termakan bujukan setan dg merasa HEBAT menampilkan hitungan2 yg cermat, padahal sdh banyak yg melakukan semacam ini TANPA menuduh ulama2 palsu ataupun gadungan, penipu, dll....
    kalopun 6236 itu benar dan ulama2 salah dg angka 6666, ya sudahlah kita ralat dengan cara yg makruf tanpa mendiskreditkan....
    di samping itu semua, saya yakin munculnya angka 6666 itu pun bukan tanpa suatu alasan yg Allah kehendaki... jadi sebaiknya gk usah sok pinter, ngajinya saja ditmbah lagi...
    oke Lylik Shoelystio...?
    BAKAR KESOMBONGANMU......!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  60. ilmu tu milik ALLAh dan kembali juga ke ALLAH (anda diberi ilmu lebih tu dah kehendaknya, anda baru bisa kalkulator ma excel ngitung dah sombong pa lgi bisa terbang mungkin anda kencing ma berak di atasnya, ilmu tu ada yg bs disampaikan dan ada jg tdk bs disampaiakan jdi jgn paksa orng untuk yahanuk ya hanuk (kalo anda hebat mungkin untukdiri sendiri bukan utk disampaiakan dan doakanlah kita selamat seperti contoh Nabi MUHAMMAD SAW dalam Sholatnya)bukannya malah menghina ulama (ALQURAN tu ilmu nyata itu yg anda tau dan dptkan jdi yg tersembunyi dibaliknya kgk dpt karna anda tdk mencarinya kalopun anda mencarinya mungkin anda kgk di kasih karna anda sombong atau bukan terpilih untuk menjaganya.ikhlasin aja apa yg tdk bs kita cari cukup jdi pendengar ok. kalo semua jdi ulama ntr siapa yg jdi pengikutnya kkkkkkk mf sy bukan penghapal kayak anda atau ahli mati-matika tapi apa yg sy diberi sy pahami dan sy renungi jalani dlm hidup sehari-hari. kalopun sy tersesat toh ni Milik ALLAH SWT tu aja KOK Repot. memperdalam ilmu bukan untuk mecari uang to menipu tpi tuk prisai diri. dan diamalkan uhhhhh hammmm jadi ngelantur nih ngatuk gi mn ma Tuhan ya ALLAHUAKBAR. AS WM WB. MOHON MF LHR dan BATHIN ttd MULYADI mataram 31-12-1982

    ReplyDelete
  61. Anonymous5:05 PM

    saran saya hapus TEMA ini, dan tanyakan langsung kepada para ulama,,, ingat! jangan membuat pemikiran sendiri tentang Al-quran apalagi menghitung sendiri ayat-ayat Al-quran dan menyalahkan ULAMA.

    ReplyDelete
  62. M zalva NR1:45 AM

    maaf ni ikut nimbrung,kebtulan kmrin saya dpat tgas kuliah bwat ngtung jml ayat dlm al-qur'an.pas saya itung jmlahnya cuma 6236.gak pnting mana yg bner yg penting amalan kita. Alloh itu maha seglanya,buat apa kita perdebatkan msalah ini. bikin kepala pusing......!

    ReplyDelete
  63. arif h1:51 AM

    buat lilyk shoeliestyo....
    anda boleh beda pendapat tp anda jg harus menghargai pendapat orang lain donk...! apalagi org itu ulama ya jelas lebih tau dr anda. dan saya yakin anda bukanlah org yg menguasai dalam bidang ini. saya setuju hapus tema ini......!

    ReplyDelete
  64. Anonymous8:38 AM

    gw ngakak baca Komen Wong Ndeso yang sok Advance sama ajaran Islam, hey bung emangnya Ulama2 terdahulu itu jajahan belanda? haha emangnya Indonesia? :D:D:D:D:D

    Ini lah contoh2 orang2 yang mempelajari Alquran hanya dengan menggunakan Logika mereka,dan ditambah dengan ke Sok Tahuan mereka, padahal dengan Islam saja masih awam, wwhauhau,Plis deh kalo bikin Post tu cari bahan dan jawaban tu jangan dari mbah Gugle donnk,, gini ni jadinya!! dasar sableng!! huahuahuahua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous10:01 AM

      setuju...ngatai orng sinting n goblog lg....suruh ngaca ntu orang baru malu...liat diri nya di cermin pas di jidat nya ada tulisan oon...hahahahahahahaaaa...apa hub nya ulama terdahulu ama belanda....

      Delete
  65. Kayanya allah ga pernah nyuruh kita sbgai umatnya.wahai umatku hitunglah total jumlah ayat al qur'an yg kuturunkan padamu.
    Saya lihat semua berdebat masalah jumlah ayat.coba dibahas.
    1.jumlah keikhlasan yg telah kita lakukan.udah cukup blm untuk dibarter dgn ridho allah kelak.
    2.jumlah ayat al qur'an yg telah kita jalankan,udah cukup belum untuk mencegah amarah allah pada kita,ga bedanya dgn guru yg menitipkan Pr untuk kita.
    3.jumlah hafalan kita dari ayat al qur'an.udah cukup belum untuk menyambut datangnya masa al qur'an dihapuskan.
    Intinya jangan mempersibuk diri dgn hal2 yg tidak begitu penting untuk dibahas.kalo emang niat kita beribadah.kenapa kita ga ngebahas bagaimana strategi kita menghadapi perang melawan DAJAL Kelak.
    ARE YOU READY TO THIS WAR.

    ReplyDelete
  66. makanya kalau ngaji yang bener,,cari guru yang punya sanad yang jelas. jangan terlalu gegabah,baru anak lahir kemarin sore sudah berani menyalahkan ulama.setiap di siplin keilmuan yang berbasis ke agamaan harus ada yang jelas, tidak bisa sah berguru pada Mbah Google, lihat dunk siapa penulisnya, referensinya, siapa gurunya, dan bagaimana latar belakang pendidikannya,sepak ternjangnya dalam dunia intelektual,,sehingga tidak ngawur...

    ReplyDelete
  67. Anonymous6:37 AM

    hehehhe kalo bicara jumlah... ato ajaran ulama terdahulu... jangan lgs menyalahkan ato menyebut negatif dunk.... .,,coz islam terdahulu lah islam sebenarnya... islam yang tumbuh 1 ayat demi satu ayat... ga kayak sekarang islam banyak alirannya... tentu juga ajaran nya beda2 dan tafsiran tenang alqur'an pun juga... ok... hal kayak gini ga pelu di ributin dan dihitung... yang penting BACA alqur'an n pahami artinya buat pedoman hidup... hehe

    ReplyDelete
  68. oh ironis banget umat islam indnesia...

    walau berapa jumlah ayat tidak krusial2 amat untuk mengahdapi pertanyaan kubur...

    tapi kalau dihitung bersama ayat 6236 atau beda 1 atau 3 ayat... ya yang benar itu...gitu aja kok repot...

    terus yang 6666 gimana?
    ini sebagai koreksi orang yang "kolot"..
    kalau belajar itu jangan mbebek aja dgn ustadnya/ulamanya... atau yang parah adalah belajar agama hanya dari "katanya" dan "katanya"... darimana sumbernya tidak jelas....(sangat memprihatinkan kan...) ini contoh fakta yang bener2 didepan mata...yang semua orang bisa menghitung ayat quran itu jumlahnya berapa...
    kalau ustad/ulama salah ya bilang aja salah...
    kalau benar ya bilang aja benar...

    bersukurlah ini bukan urusan amaliyah...

    kalau amaliyah tentunya kita cari ilmu dengan sumber quran hadis yang jelas,,,

    ReplyDelete
  69. Anonymous6:28 AM

    alif lam mim

    ReplyDelete
  70. bwt apa kitamemperdebatkan jumlah.....yang ujung-ujungnya g dpt phala,,,mlh dpt dosa gra-gra saling menyalahkan , , ,lbih baik...bacalah Al-Qur'an....kawan-kawan

    ReplyDelete
  71. Anonymous1:56 AM

    wah hebat semuanya, punya pendapat yg bagus2 tapi tolong jangan emosi karena yetan lebih mudah masuknya dikala kita emosi....

    ReplyDelete
  72. Anonymous1:20 PM

    sudah saatnya membenarkan yang benar itu benar tanpa keraguan dan yang salah tetap salah. 6+2+3+6 = 17. kita diwajibkan menghadap 17 rakaat dalam satu hr kpd ALLAH SWT.

    ReplyDelete
  73. bukan masalah ayat, tapi kita sebgai umat muslim ternuyta seperti bayi yang harus disuapi terus oleh ibunya....tanpa pernah kroscek mengenai urusan yang kita akan amalkan!!!

    ReplyDelete
  74. tanda waqaf di Alqur'an Indonesia n terbitan Arab bda lho. Mgkn i2 yg membuat perhitungannya berbeda. Lagian kan ulama tidak asal mendeklarasikan jumlahnya gtu aja. Ilmu mereka kan lebih tinggi dari kita.
    Yang penting dsni sbgai umat Islam adalh membaca dan mengamalkan Alqur'an dlm khdpn kta shari-hari.tanda waqaf di Alqur'an Indonesia n terbitan Arab bda lho. Mgkn i2 yg membuat perhitungannya berbeda. Lagian kan ulama tidak asal mendeklarasikan jumlahnya gtu aja. Ilmu mereka kan lebih tinggi dari kita.
    Yang penting dsni sbgai umat Islam adalh membaca dan mengamalkan Alqur'an dlm khdpn kta shari-hari.

    ReplyDelete
  75. Sadar ga sdr2 sekalian klo ini hny ulah org2 kafir yg mencari2 kesalah al-quran karena sdh tdk ada yg ditemukan lg,karena kitab mereka salah semua.....hehehhe kasian deh lu :P!
    yg saya tnykan yg membuat/mengartikan angka 666/6666 tu angka setan sapa???krn sy msh belajar islam lbh dlm maaf ga tau n bertanya....apa ada 1 ayat dlm al-quran menyebutkan 666/6666 angka istilah untuk setan????klo tdk ada pst istilah manusia / kitab yg pst tdk rasional.sdh sangat2 jelas al-quran ada 2 ayat yg klo di ibaratkan segelnya,tdk ada keraguan di dalamnya dan jika anda ragu buatlah 1 saja klo bs....maaf saya ga hafal dlm surat apa n ayat brp pokok intinya seperti itu "jika rada slah maklum dah sy jelaskan sy msh belajar",terus ngapain percaya yg bukan dr quran klo gt??
    malah menurut saya angka 666/6666 tu angka cantik,knp saya bs blng begitu no triple n kwartet paling dicari untk no tlp,apa lagi nopol mobil/motor sampe juta'an dibayarin :).
    ya gini ini jadinya cm hny krn perselisihan metode penghitunganya aja jd masalah sm seperti perbedaan hari raya,mshlah sholat ada yg pake witir n ada yg ga dan lain sebagainya. sadar kawan2 islam tu bkn hny sholat,puasa,zakat dll tp islam tu pola hidup semua pst selamat jika ikuti semua isi al-quran n hadis2nya bkn setengah2/malah beberapa saja yg dijalankan.

    jika ada yg slh sy mohon maaf krn sdh 3x nie sy blg klo sy msh tahap belajar malah msh dasar :),sy cm ingin kita tdk terpecah belah......liat tu org kafir cengar-cengir ma tepuk-tangan liat kita ribut sndr.......:)

    ReplyDelete
  76. Tidak ada satupun yang bakal terjadi tanpa izin Allah SWT.
    Banyak Informasi dari Kitab Suci Al-Quran yang kini menjadi Teknologi. Apa yang menjadi mimpi telah banyak yang menjadi nyata.
    Sabar dan terus berusaha untuk mencari makna merupakan jalan terbaik, karna kita Manusia adalah mahluk-Mya, sebagai mahluk tentunya kita menyadari akan kelemahan dan keterbatasan,
    kita tidak akan tahu sampai kita diberi tahu.

    ReplyDelete
  77. Iya mass.... Coment dikit...
    Setidaknya kalo Penenulis tu orang yang pandai harusnya tidak ada laqob "Ulama Palsu" barang kali mereka punya pendapat lain yg bisa dipertanggung jaawabkan...
    wallahu a'lam

    ReplyDelete
  78. Anonymous10:27 PM

    jangan saling menyalahkan.. jangan saling berdebat.. jika umat Islam saling cela, ingat dan sadarlah, ada banyak orang kafir diluar sana tertawa keras, bertepuk puas, bahkan sesegera mungkin untuk bersiasat kembali,mencari cara agar kita makin tersesat.. dan perlahan hancur. Naudzubillah > please, be wiser when u give any comment..

    ReplyDelete
  79. Anonymous5:40 AM

    udah, jgn di debatin lagi, perdalam aja agama masing-masing :)

    ReplyDelete
  80. Anonymous8:17 AM

    akhir zaman , masalah macam ini di perdepantin memang kalian sudah pada pintar tentang agama , ma'af bukan na saya sok tahu bukan na saya sok meenggurui dan bukan na saya sok berkata lancang disni , tapi perlu kalian tahu islam itu mudah islam itu indah dan islam udara , jadi gak usah pada berdebad , jalani aja yang lima tinggkatkan yang 6 insya allah selamat dunia akhirat ..
    AMIEN YA RABBAL ALAMIN
    terima kasih
    HAMBA ALLAH

    ReplyDelete
  81. Anonymous12:08 AM

    Baca & fahami al quran.. Maksud nya & intipati nya.. bukan disuruh kaji jumlah ayat nya & kenapa ada jumlah itu.. itu kerja ALLAH..

    ReplyDelete
  82. Baru tahu artikel menyesatkan kaya gini ni... menyesatkan bukan karena dari segi jumlah ayat, i statemen penulis yang berani2nya mendeskreditkan ulama sebagai ulama palsu??? yang patut dipertanyakan dari penulis adalah" apakah anda benar2 muslim yang sebenarnya???"
    Para ulama yang mengatakan bahwa jumlah ayat 6666 bukan tanpa perhitungan matang, kalau toh cuma dihitung pakai kalkulator orang nonmuslim juga bisa menghitungnya...
    Ingat ... dalam Al quran masih banyak misteri yang belum terpecahkan dan ada juga yang tidak akan dapat dipecahkan oleh manusia di dunia...
    Dan kenyataan yang terjadi Ulama yang mengatakan ayat 6666 mayoritas adalah Ulama tradisional yang memegang teguh ajaran Islam dengan tingkah laku yang benar Islam...dan Itulah Ulama yang sebenarnya...
    Untuk penulis... ANDA SUDAH MEMBUAT KESALAHAN DENGAN MEMVONIS ULAMA SEBAGAI ULAMA PALSU...CEPATLAH BERTOBAT MUMPUNG BELUM TERLAMBAT...

    ReplyDelete
  83. Anonymous6:19 PM

    Imam Abu Dawud rahimahullah meriwayatkan di dalam Sunannya :

    حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُثْمَانَ الدِّمَشْقِيُّ أَبُو الْجَمَاهِرِ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو كَعْبٍ أَيُّوبُ بْنُ مُحَمَّدٍ السَّعْدِيُّ قَالَ حَدَّثَنِي سُلَيْمَانُ بْنُ حَبِيبٍ الْمُحَارِبِيُّ عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَا زَعِيمٌ بِبَيْتٍ فِي رَبَضِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْمِرَاءَ وَإِنْ كَانَ مُحِقًّا وَبِبَيْتٍ فِي وَسَطِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْكَذِبَ وَإِنْ كَانَ مَازِحًا وَبِبَيْتٍ فِي أَعْلَى الْجَنَّةِ لِمَنْ حَسَّنَ خُلُقَهُ


    Muhammad bin Utsman ad-Dimasyqi Abu al-Jamahir menuturkan kepada kami. Dia berkata; Abu Ka’b Ayyub bin Muhammad as-Sa’di menuturkan kepada kami. Dia berkata; Sulaiman bin Habib al-Muharibi menuturkan kepadaku dari Abu Umamah, dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku akan menjamin sebuah rumah di dasar surga bagi orang yang meninggalkan debat meskipun dia berada dalam pihak yang benar. Dan aku menjamin sebuah rumah di tengah surga bagi orang yang meninggalkan dusta meskipun dalam keadaan bercanda. Dan aku akan menjamin sebuah rumah di bagian teratas surga bagi orang yang membaguskan akhlaknya.” (HR. Abu Dawud dalam Kitab al-Adab, hadits no 4167. Dihasankan oleh al-Albani dalam as-Shahihah [273] as-Syamilah)


    Semoga bermanfaat bagi kita semua ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7:00 AM

      aamiin..terima kasih sudah diingat kan..
      saya hampir saja tenggelam dalam perdebatan kusir ini..hati saya sempat berontak..
      ini akan tetap menjadi perdebatan kusir,karna memang kita tidak tahu siapa orang yang kompeten dsini..maka tidak ada yg mendengarkan penjelasan orang lain,kecuali pendapatnya sendiri..

      Delete
  84. Anonymous10:31 PM

    mau pinter, mau sombong,mau bodoh ato apalah namanya, semua akan menjadi sama ketika kita masih dikuasai oleh NAFSU, Pikirlah, mikirlah dan memikirkan dan bukan untuk saling menyalahkan...

    ReplyDelete
  85. kl anda mau tau yg sebenarnya nanti di surga tanya langsung sama ALLAH SWT jadi sekarang yg lebih baik membacanya dan mengamalkannya biar masuk surga dan bisa tanya langsung sama ALLAH SWT biarlah itu menjadi rahasia ALLAH yg 6236 benar yg 6666 benar yg ngga benar yg ngga penah baca dan mengamalkannya kaya sholat subuh ada yg pake qunut ada yg ngga yg salah yg ngga sholat mhn ampun ya ALLAH kl pendapat ini salah berillah pencerahan kepada kami semua

    ReplyDelete
  86. kl anda mau tau yg sebenarnya nanti di surga tanya langsung sama ALLAH SWT jadi sekarang yg lebih baik membacanya dan mengamalkannya biar masuk surga dan bisa tanya langsung sama ALLAH SWT biarlah itu menjadi rahasia ALLAH yg 6236 benar yg 6666 benar yg ngga benar yg ngga penah baca dan mengamalkannya kaya sholat subuh ada yg pake qunut ada yg ngga yg salah yg ngga sholat mhn ampun ya ALLAH kl pendapat ini salah berillah pencerahan kepada kami semua

    ReplyDelete
  87. tonny1:25 AM

    jadi apa kah semua ayat yg beruntun ini salah,,,,,?

    atau apakah semua isi kandungan alquran ini tercampur dengan syirik x manusia dengan islam pada jaman sekarang,,,,?

    ReplyDelete
  88. Anonymous1:07 AM

    pikirkanlah apa yang mampu kamu pikir, jangan kamu pikir yang tak mampu kamu pikir..
    @nopri : Palembang

    ReplyDelete
  89. Anonymous1:15 AM

    pikirkanlah semampu kamu berpikir, janganlah kamu berpikir yang tak mampu kau pikirkan. (bisa gila. jangan pernah memvonis seseorang tanpa adanya pembuktian yg kuat.
    jangan pernah mengatakan seseorang berdosa karena hanya allah swt yg tahu apakah itu dosa ataukah tidak..
    Hidup ini Proses Panjang menuju kematian, sudahkah kita beriman? kita didunia ini memang harus berperang, ingat kah nabi adam a.s yang tak mampu memerangi bisikan syaitan di surga, lalu oleh allah swt diturunkan ke dunia.
    itulah awal kehidupan didunia yang diwajibkan berperang melawan syaitan yang nyata dan perilaku manusia yg seperti syaitan.
    saya memang tak begitu pandai tentang agama, tapi satu hal yang saya tekankan perangilah syaitan dan yakinlah allah swt itu ada, seandainya sebentar lagi Dajjal tiba, berhentilah memperdebatkan isi ayat alquran, mari kita berperang untuk ALLAH SWT.
    @nopri palembang

    ReplyDelete
  90. Anonymous3:01 AM

    dari hamba allah yang mencari kebenaran...

    alhamdulillah saya lagi coba nghafalin quran, cari2 jumlah quran, eh malah nemuin perdebatan...
    kalo yang tersurat (jelas) ayatnya 6230 artinya kalo saya mau nghafalin dalam 1 tahun berarti 1 hari nghafalin minimal 18 ayat (6236 dibagi 365 = 17 koma sekian dibulatkan jadi 18)..
    kalo mau nghafalin dalam 2 tahun berarti sehari 9 ayat,,,

    kalo sehari 1 ayat berapa tahun ya bisa apal??
    coba dihitung 6236 hari dibagi 365 = ??? waww 17 tahun baru hafal?? tapi daripada tidak hafal sama sekali..
    usia saya sekarang 18 tahun, ditamabah 17 tahun sama dengan 35 tahun saya sudah menjadi penghafal quran... subhanallah... amin ya allah...

    daripada debat, mendingan, yuk cicil hafalan sehari 1 ayat...
    semoga intermezzo ini bermanfaat... amin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous3:03 AM

      subhanallah>>>>
      ana setuju sama antum,, semoga lekas hafal wahai hamba allah.,, amin

      Delete
  91. Anonymous3:34 AM

    amin..

    ReplyDelete
  92. Anonymous11:31 PM

    Subhanallohhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh............hamba Alloh ternyata pintar pintar...................

    ReplyDelete
  93. Anonymous8:26 AM

    Kalau saya tergolong anonymous, mohon maaf karena tdk bisa caranya. (nama saya Momon, guru matematika SMK, Jawa Timur)
    Sebenarnya saya justru merasa mendapat banyak ilmu dari forum ini. Saya juga sangat awam Al-Quran tetapi memang pernah menghitung dari sumber Terjemah terbitan Depag dan menemukan angka 6236. Saya pernah membawa hal itu dalam obrolan dengan guru-guru agama atau teman-teman yang lebih paham, tetapi tidak pernah ada yang mengarah pada berbagai teori hitungan/pemaknaan/penggolongan ayat seperti yang banyak diungkap di forum ini. Bahkan ketika saya tanyakan dalam suatu majlis taklim, jawabannya justru itu adalah sekedar "angka bagus" yang mudah diingat dan diibaratkan orang "menganggap" tinggi gunung himalaya 8888m padahal karena ada salju maka puncaknya bisa naik bisa turun, jadi 8888m itu perkiraan atau rata2 saja lalu disamakan dengan makna 6666 ayat itu. Koq naif sekali? Setelah saya "protes" lagi karena ini sebenarnya bilangan nyata sederhana (mirip dengan menghitung kelereng di 2 kotak), justru pak Ustadznya dan beberapa hadirin termasuk salah satu kyai di desa saya terjebak kebingungan pada jumlah bismillah bahkan sampai pada hadits qudsi (semakin kacau).
    Di beberapa kesempatan yang lain, ketika saya tunjukkan hasil dan ajukan pertanyaan, malah langsung dihadang dengan kalimat2 yang cukup pedas dan sinis katanya saya terlalu mencari-cari. Padahal saya juga meyakinkan bahwa tidak ada niatan untuk menghina Al-Quran apalagi yang mewahyukan. Justru murid2 saya yang sempat bicara tentang waqof dalam sebuah ayat. Dengan segala hormat dan demi kebenaran walaupun hanya setitik, mohon keikhlasan untuk mengirimkan file rincian jumlah ayat tiap surat (terserah teori apa yang dipakai) sehingga memunculkan angka 6666. email saya: sukmono_umboro@yahoo.com
    Semoga menjadi pijakan untuk pembelajaran ibadah saya.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  94. Anonymous9:21 AM

    Ikutan bikin ribet ah, sambil nanya (tapi logika jalan)
    Saya punya angka jumlah ayat 6236.
    Kesempurnaan islam ditunjukkan dalam surat Al Maa-idah ayat 3. Ayat ini puuuuanjang karena terjemahannya dipotong menjadi 5 kalimat, gak tau berapa waqof karena saya gak bisa baca arabnya. karena Al Maa-idah itu surat ke-5, maka dalam berbagai buku/tulisan biasa ditulis (QS 5:3). Jika penulisnya dari golongan yang ber-angka 6666, sangat mungkin ketiga ayat pertama Al Maa-idah ini sudah terpotong menjadi beberapa waqof sehingga ayatnya bukan lagi ayat ke-3. Nah, gimana dong nulisnya supaya orang awam mudah mengikuti/mencari ayatnya? Toh biasanya yang ditulis juga tidak selalu lengkap, hanya diambil bagian terpentingnya saja. Mestinya penulisannya menjadi (QS Al Maa-idah ayat 3 waqof ke...). Tuch, logis kan? Karena terjemah kalimat pertama tentang pengharaman bangkai dll, kalimat kedua tentang mengundi nasib, kalimat ketiga tentang keputus-asaan orang kafir (sebenarnya tidak terlalu nyambung/koheren), barulah kalimat keempat tentang kesempurnaan islam.
    Jadi sebenarnya perbedaan jumlah ayat ini hal sepele tapi jangan diremehkan bahkan ditanggapi dengan emosi. Cohtohlah kalimat: "dalam puasa tidur itu lebih baik" padahal ada lanjutannya "daripada bergunjing". Kalau hanya dipahami yang awal, orang jadi bermalas-malasan, salah kan??
    Ini lho bahayanya jika orang awam (termasuk saya) tidak dipahamkan. Bisa jadi adanya aliran-aliran sempalan yang cenderung meleset itu juga berangkat dari hal-hal sepele seperti ini. Ambil ayat sebagian, tunggangi dengan kepentingan, sampaikan pada orang awam. Siiip... sukses deh melesetnya.
    Islam itu juga berhitung dan berlogika koq. Kenapa zakat harus 2,5%? Kenapa air wudlu harus 2 qullah? Kenapa hukum waris itu detil sekali? Kenapa tinggi hilal berdasarkan derajat? Kenapa dzikir harus 33 kali?
    Maaf, saya tidak setuju pada saudara2 yang menyalahkan kami sekedar berdebat tentang angka. Dan saya juga kurang setuju kalau angka 6666 hanya diperoleh dari permainan angka-angka yang justru seperti orang meramal togel.
    Al Fatihah = ... ayat
    Al Baqarah = ... ayat
    dst = ... ayat
    Jumlah = 6666 ayat
    Buktikan!! Untuk memperkuat kebenaran dan mempertebal keyakinan kita pada Islam dan Allah SWT.
    Salam damai untuk seluruh saudara seiman.

    ReplyDelete
  95. ni ada beberapa bukti yg bisa disasikan tentang injil;

    Penemuan Injil kuno yang diyakini berusia 1500 tahun telah membuat heboh. Yang membuat gempar, Injil kuno tersebut ternyata memprediksi kedatangan Nabi Muhammad SAW sebagai penerus risalah Isa (Yesus) di bumi.
    Sebagian orang memprediksi injil tersebut adalah Injil Barnabas. Menurut mailonline, injil yang tersimpan di Turki itu ditulis tangan dengan tinta emas menggunakan bahasa Aramik. Inilah bahasa

    yang dipercayai digunakan Yesus sehari-hari. Dan di dalam injil ini dijelaskan ajaran asli Yesus serta prediksi kedatangan penerus kenabian setelah Yesus. Alkitab kuno ini sekarang di simpan di Museum Etnografi di Ankara, Turki.

    Dalam Injil Barnabas memang diungkapkan tentang akan datangnya Rasul bernama Muhammad SAW, setelah Nabi Isa. Berikut ini isi Injil Barnabas yang menyebut tentang Nabi Muhammad:
    Bab 39 Barnabas: ”Terpujilah nama-Mu yang kudus, ya Allah Tuhan kita… Tiada Tuhan Selain Allah dan dan Muhammad adalah utusan-Nya”.
    Masih pada bab 39 yang mengisahkan tentang Nabi Adam, nama Nabi Muhammad SAW juga disebut dalam dialog antara Nabi Adam dengan Tuhan. ”…Apa arti kata-kata, Muhammad utusan Allah, apakah ada manusia sebelum aku?”
    Bab 41 Barnabas: “Atas perintah Allah, Mikael mengusir Adam dan Hawa dari surga, kemudian Adam keluar dan berbalik melihat tulisan pada pintu surga ‘Tiada Tuhan Selain Allah dan Muhammad adalah Rasul Allah…”
    Bab 44 Barnabas: Pada bab ini Yesus atau Nabi Isa menyebut nama Nabi Muhammad. ”Oh, Muhammad Tuhan bersamamu…”
    Bab 97: Yesus menjawab, “Nama Mesias sangat mengagumkan, karena Allah sendiri yang memberinya nama, ketika menciptakan jiwanya dan menempatkannya di dalam kemuliaan surgawi. Allah berkata: ‘Tunggu Muhammad; karena kamu Aku akan menciptakan firdaus, dunia, dan banyak makhluk… Siapa pun yang memberkatimu akan diberkati, dan barangsiapa mengutukmuu akan dikutuk..”
    Bab 112: Dalam bab ini Nabi Isa (Yesus) bercerita kepada Barnabas bahwa dirinya akan dibunuh. Namun, kata Nabi Isa, Allah aka membawanya naik dari bumi. Sedangkan orang yang dibunuh sebenarnya adalah seorang pengkhianat yang wajahnya diubah seperti Nabi Isa. Dan orang-orang akan percaya bahwa yang disalib itu adalah Nabi Isa. ”Tetapi Muhammad akan datang… Rasul Allah yang suci,” kata Nabi Isa. Nama Nabi Muhammad juga disebut pada Bab 136, 163, dan 220. Isi Injil Barnabas di atas dikutip dari barnabas

    insyaallah kmu dapat petunjuk allah dan muhammad rasul_Nya.amin

    ReplyDelete
  96. Assalamu alaikum salam warah matullahi wabarakatuh.
    Kenapa harus permasalahkan ada berapa ayat didalamnya...mau 6236 mau 6666 yang penting isinya Bung.

    ReplyDelete
  97. Anonymous8:08 AM

    hehehehehe...
    Jadi lucu dech. Yang punya 6236 mestinya jangan seenaknya mendeskreditkan ulama. Yang punya 6666 mestinya juga jangan kebakaran jenggot lalu berteori yang macam-macam. Yang nggak pernah ngitung mestinya juga jangan sombong dengan kalimat "yang penting bagaimana mangamalkan" dll. Ini masalah sederhana tapi agak berbahaya.
    Yang saya ingat, dari kecil belajar ngaji sampe sekarang bisa berdebat sama kyai, 6666 itu dikatakan sebagai "JUMLAH AYAT" bukannya "rahasia angka dalam Al Quran" atau "otak-atik angka dalam Al Quran" atau istilah dan teori lainnya. Saya yakin yang punya 6236 bukannya mau berpaling dari Al Quran atau merendahkannya, tetapi semata-mata hanya penasaran dan mengharap kejelasan yang juga sederhana, seperti yang disampaikan Sdr. Sukmono dari Jatim.
    Saya juga kelompok 6236, dan juga berharap seperti Sdr. Sukmono itu.
    Kelompok A : 7 + 286 + 200 + ... + 6 = 6236
    Kami mengharap ada rincian lain (bukan otak-atik angka) misalnya:
    7 + 290 + 211 + ... + 6 = 6666
    Sederhana kan? Tentunya tanpa mengurangi makna Al Quran. Kalau ada yang bisa memberi seperti yang kami harapkan, Insyaallah akan lebih memperkuat iman kami. Terima kasih. Salam damai buat sdr. Sukmono.

    ReplyDelete
  98. Mengapa Berbeda?

    Sebenarnya tidak ada yang beda di dalam ayat Al-Quran. Semua pendapat di atas berangkat dari ayat-ayat Al-quran yang sama.

    Yang berbeda adalah ketika menghitung jumlahnya dan menetapkan apakah suatu potongan kalimat itu menjadi satu ayat atau dua ayat.

    Ada orang yang menghitung dua ayat menjadi satu. Dan sebaliknya juga ada yang menghitung satu ayat jadi dua.

    Padahal kalau dibaca semua lafadz Quran itu, semuanya sama dan itu itu juga. Tidak ada yang berbeda.

    Lalu mengapa menjadi beda dalam menentukan apakah satu lafadz itu satu ayat atau dua ayat?

    Jawabnya adalah dahulu Rasulullah SAW terkadang diriwayatkan berhenti membaca dan menarik nafas. Pada saat itu timbul asumsi pada sebagian orang bahwa ketika Nabi menarik nafas, di situlah ayat itu berhenti dan habis. Sementara yang lain berpandangan bahwa nabi SAW hanya sekedar berhenti menarik nafas dan tidak ada kaitannya dengan berhentinya suatu ayat.

    Lagian, nabi SAW saat itu juga tidak menjelaskan kenapa beliau menarik nafas dan berhenti. Dan tidak dijelaskan juga apakah berhentinya itu menunjukkan penggalan ayat, atau hanya semata-mata menarik nafas karena ayatnya panjang.

    Perbedaan dalam menghitung jumlah ayat ini sama sekali tidak menodai Al-Quran. Kasusnya sama dengan perbedaan jumlah halaman mushaf dari berbagai versi percetakan. Ada mushfah yang tipis dan sedikit mengandung halaman, tapi juga ada mushfah yang tebal dan mengandung banyak halaman.

    Yang membedakanya adalah ukuran font, jenis dan tata letak (lay out) halaman mushaf. Tidak ada ketetapan dari Nabi SAW bahwa Al-Quran itu harus dicetak dengan jumlah halaman tertentu.

    Sumber:jalanakhirat.wordpress.com

    ReplyDelete
  99. Assalamkualaikum WR.WB

    wahai umat yg beriman dan beragama,ssungguh'a ini hanya swtu perdebatan yg akan menjadikan kontroversi yg tiada akhir'a...
    Allah hanya menyuruh kita untuk membaca n mengamalkan Al-quran saja,bukan untuk di hitung dan di perdebatkan seperti ini...
    jika kita d tanya mana yg benar antara 6666 dan 6236 sbaiknya kita menjawab'a dgn hati yg bersih..
    "Hanya Allah yg tau berapa Jumlah ayat dalam Al-quran,jgan d permasalahkan dan jgan d jadikan perdebatan"

    mudah"an kita semua dapat di beri kemudahan dan kepahaman tentang isi Al-quran Aminn....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penulisan nama Muhammad dalam dua versi Arab:

      1. Versi Arab Gundul :mrgreen:

      محمد
      Atau…

      Karena tida ada tanda baca maka perhitungan huruf jadi keliru. :P
      Muhamad = “mim, ha, mim, dal”
      MuHaMaD = “M,H,M,D”

      2. Versi Arabiyun

      مُحَمَّدٌ

      Karena ada tasjdid maka perhitungan menjadi tepat 5 huruf.
      Muhammad = “mim, ha, mim, mim, dal”
      MuHaMMaD = “M, H, M, M, D”
      (tasjid pada huruf MIM )

      VERSI 6666 didapat dari kesalahan orang-orang KUFA yang menyalin al aur'an bukan menggunakan bahasa arabi bani qurasy....
      Silahken kalian cek di link berikut:
      http://haniifa.wordpress.com/2009/11/30/mujizat-muhammad/

      Delete
  100. Assalamu`alaikum saudara-saudara.
    Pembahasan dan diskusi yang baik sekali.

    Berikut ulasan Saya:
    http://mu5lim.blogspot.com/2012/06/jumlah-ayat-alquran.html

    ReplyDelete
  101. momon5:22 AM

    hehehehe... jadi tambah aneh. sudah ada yang mencontohkan hitungan real sederhana dan minta perhitungan pembanding sebagai bukti jumlah 6666... eeh yang muncul teori lagi yang susah dipahami orang awam. masak susah sich melakukan hal ini???
    surat ke-1 = 7 ayat
    surat ke-2 = 286 ayat
    dst
    surat ke-114 = 6 ayat
    jumlah = 6236 ayat
    tolong saudara-saudara yang punya teori selangit mau/bisa membuktikan dengan cara serupa (sangat sederhana dan pasti akan dipahami banyak orang)
    surat ke-1 = .... ayat
    surat ke-2 = .... ayat
    dst
    surat ke-114 = .... ayat
    jumlah = 6666 ayat
    gitu lho saudara-saudaraku seiman.. gampang kan???!
    teori selangit tanpa bukti = bego = sombong = dimurkai Allah
    astaghfirullah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kalo itung"an biasa -_- nih ,

      Penjelasan tentang 6666 menurut seorang ulama sbb :
      Ibnu Huzaymi, seorang dari imam2 besar membuat penjelasan dalam bukunya “An Nasih wa’l Mansuh”:
      1000 ayat tentang janji(wa’ad);
      1000 ayat tentang ancaman (wa’id);
      1000 ayat perintah (amr)
      1000 ayat larangan(nahy)
      1000 ayat informasi dan sejarah
      1000 ayat peringatan dan contohnya
      500 ayat aturan
      100 ayat doa dan pemuliaan
      66 ayat “nasih and mansuh” ("yang menghapus and dihapus")

      Jumlah nya 6666 ayat dalam AlQuran.

      Seorang dari IMAM2 Besar, ilmu nya lebih tinggi dari ente mon, udah tau banyak makna tersirat dari Al-QURAN, gampang kan :)

      sumber http://askaquestionto.us/question-answer/revealedbook/how-many-verses-ayahs-are-there-in-the-quran/

      Delete
  102. Jika einstein yang meyakini unifikasi 4 gaya di alam (gravitasi,nuklir lemah,nuklir kuat,elektromagnetik)berdasarkan fakta empiris,maka abdul salam,ilmuwan muslim pemegang nobel fisika meyakininya berdasarkan prinsip tauhid,yakni bahwa segala sesuatu adalah manifestasi dari Al-Ahad (yang Satu).Jadi,di balik teori fisika yang sama terdapat perbedaaan keyakinan :empirisme vs tauhid. (dalam buku Agus Purwanto, D.sc) yg Berjudul Ayat2 Semesta. Saya cuma ingin sekedar memberikan argumentasi sederhana saja krn saya sadar masih terlalu awam untuk bicara,yang saya tangkap dari diskusi ini adalah :

    1.klasifikasi metodologi aspek matematik ilmu pasti dlm ilmu ini dipecah - pecah lagi, dengan metode macam2 sprt yg sudah disampaikan saudara2 kita diatas.

    2.klasifikasi metodologi ilmu sejarah (segi empirisme seseorang,kaum, atau negeri) ilmu ini masih meragukan karena masih perlu banyak kajian karena sejarah identik dengan pembatasan dan pembenaran otoritas Superior penguasa pada zamannya,misal sampai skrng versi 30 S PKI dalangnya blm pasti kita yakini siapa,atau misal pada jaman kerajaan jawa banyak babad2 tanah jawa yg punya beberapa versi juga.

    3.klasifikasi metodologi ilmu tauhid
    Ilmu spiritualis yang belum tentu semua bisa mencapai dengan sempurna ataupun baik,ini adalah pengamalan Rukun Iman.

    berikut adalah satu kutipan ayat Al Qur'an :
    “Adakah orang yang mengetahui bahwasanya apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu itu benar, sama dengan orang yang buta? Hanyalah orang-orang yang berakal saja yang dapat mengambil pelajaran.” (Ar-Ra’d: 19)

    Sumber: http://www.dakwatuna.com/2008/07/824/mengenal-ilmu-tauhid/#ixzz21PFDlqoK

    mohon maaf apabila perkataan saya menyinggung ataupun salah kaprah itu semua dari saya,tapi apabila ada kebenaran di situlah semua dari Al - Ahad .

    ReplyDelete
  103. mungkin setan ingin menyesatkan umat manusia... karena 6666 itu mirip angka 666 (angka setan).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous10:26 AM

      oon oon...allah ciptain angka ntu mana ada yg jelek...sama aja kaya ciptain hari bulan tahun gak ada gak angka yg jelak semua angka ntu bagus kog ya trus di sambung 2 in ke angka setan.....jd jgn sotoy dech..

      Delete
  104. Anonymous11:58 AM

    klo ngebacot pake ILMU donk...ulama adalah pewaris para nabi, klo ga percaya ulama berarti ga percaya ma nabi n berarti ga percaya ma Rukun IMAN. klo mo ngitung jumlah ayat alquran, pake IMAN dan ILMU. sotoy lo!!! buruan istighfar!!!

    ReplyDelete
  105. Anonymous9:22 PM

    iiya saya setuju dgn pnjelasan "ayah andi" ... sya pun diberitahu oleh guru saya , dia seorang hafidz.. dan dia menjelaskn sma sperti itu.. jdi ayat al-qur'an 6666 itu juga benar

    ReplyDelete
  106. ass,hamba2 alloh yg mudah2an di muliakan alloh, saya kira jangan saling menghujat masalah itu, siapa tau yg di hujat lebih baik dari kita, mudah2 kita ada dalam perlindungan alloh.amin

    ReplyDelete
  107. intruksi gan!!!! jjr skrg ane jd bener2 bingung stlah bca debat kalian. point'y,,bknkah sbaik'y kta noh ckp ngejalanin ap2 yg DIA printahkn & mnjauhi ap2 yg DIA haramkn tnpa msti ad prdebatn yg ujung2'y cm akn mbwa umat pd prpecahn. so klo mo debat soal angka2 mnding jgn soal brpa jmlah ayat Qur'an, cs ditakutkn gk akn mbri manfaat tp jstru akn mbawa umat pd prpecahn & k'sesatn. jd klo mo bhs ttg angka2 mnding klo mo nembak togel ja braayyy..

    ReplyDelete
  108. Anonymous7:49 PM

    wow! Mengalahkan addmaths!

    ReplyDelete
  109. Anonymous1:48 PM

    membaca mengkaji, mengamal Dan menghafal alquran adalah baik

    pendapat ibu

    ReplyDelete
  110. Anonymous3:44 AM

    Maaf........... sekali sedikit menyimpang dari persoalan.
    bisa baca Al An am sejenak? secara berurutan ayat 79, 162, 163?
    mohon dibaca perlahan di akhir ayat 163...

    ReplyDelete
  111. Anonymous4:02 AM

    Di atas, diskusinya menarik. Saya ingin nnimbrung. Pertama, makna kata ‘jumlah’, ada yang mengatakan beda lho makna kata itu dalam bhs Arab dan bhs Indonesia. Iya, memang. Dalam bhs Indonesia banyak serapan dari bhs Arab. Contoh : kata ‘kalimat’, bagi kita ini adalah deretan kata-kata yang memiliki pesan yang punya arti. Dalaam bhs Arab ‘kalimat’ justru ‘kata’ itu sendiri, tiap ‘kata’ adalah ‘kalimat’. Nah, jejran kata yng memiliki pesan yang punya arti, dalam bhs Arab adalah ‘jumlah’. Kedua, jangan macam-macamlah, yang dimaksud berapa jumlah huruf, maka maksud ‘jumlah’ di sini adalah ‘banyaknya huruf secara keseluruhan, dlam bhasa Inggrisnya mungkin ‘the sum’ atau ya yang sehari-hari kita sebut ‘total’ itu. Ketiga, jangan menafsir dengan kacau, dan jgn pula mengacaukan. Dari uraian kawan-kawan di atas, jelaslah bahwa untuk mencapai kesepakatan, harus jelas dulu ‘patokannya’, ‘standarnya’. Kalau yang satu mengukur panjang dengan satuan ‘inchi’, sedangkan yang lainnya dengan ‘centimeter’, maka tentu saja hasilnya akan berbeda. Jadi janganlah berdebat apalagi bertngkar dengan bodoh. Katakan secara benar, begini: “kalau kita ukur dengan satuan inchi hasilnya sekian inchi, kalau kita ukur dengan satuan centimeter maka hasilnya sekian”. Artinya: hasilnya adalah kondisional, tergantung syaratnya, tergantung alat ukurnya. Maka menghitung jumlah (total) huruf dalam al-Qur’an itu ternyata ada beberapa cara. Prinsipnya begitu. Kita bisa temukan cara-cara itu ada berapa macam. Tapi peganglah prinsipnya. Misalnya cara-a hasilnya akan A buah huruf, cara-b hasilnya akan B huruf dst. Maka tidak akan bertengkar, karena siapapun memnghitung dengan cara-a nniscaya dapatnya angka A huruf, sebaliknya bila menghitungnya dengan cara-b pasti pula hasilnya B huruf. Jadi kalau sudah paham, silahkan cari (1) Ada berapa cara. (2) Menurut masing-masing cara itu berapa jumlahnya. OK? Niscaya hasilnya akan membuat kita takjub atas kehebatan Allah dan keunkan al-Qur’’an. Akhirnya, ada dua hal harus kita ingat, ayat sebegitu banyaknya ada sejumlah orang yang mampu menghafalnya di luar kepala, dan melagukannya dengan suara merdu dan melodi yang indah. Semoga Allah member petunjuk kepada kita. (2) Al-Qur’an ini seklias sulit membaca dan memahaminya, tetapi ketika kita masuki kian dalam, akan terasa sebenarnya malah mudah kita pelajari. Kuncinya: banyak kata-kata yang berulang, dan mayoritas kata-kata itu sudh muncul 60%-70% di dalam surah al-Fatihah dan al-Baqarah. (3) Setelah selesai membaca dan menyelami isi al-Qur’an selalu datang perasaan tenteram. Inilah tiga keajaiban al-Qur’an, yang berani saya jamin tidak ada pada kitab-kitab suci lainnya. (facebook/ariefmaulany)

    ReplyDelete
  112. Wealah ...
    Kitab sendiri kok diperdebatkan,
    sudahkah anda membaca dan mengamalkannya hari ini??

    ReplyDelete
  113. maaf nih bukannya so pinter,, tapi untuk apa memperdebatkan hal" kecil seperti itu,,
    guru ngaji saya bilang, Al-Qur'an itu pedoman hidup umat muslim, kita cukup membaca,memahami, dan mengamalkan,, selebihnya biar Allah yang mengaturnya..

    maaf saya hanya beropini,, hehehe

    ReplyDelete
  114. Anonymous1:25 AM

    Assalamualaikum
    ikut menyimak, saudaraku... Fahami dulu, Definisi ayat itu apa?
    argumentasi teman teman semuanya memang bagus, karna saya yakin teman teman semua bukan anak kemarin sore yang baru mengerti tentang ilmu agama, dan hanya mampu menjumlahkan saja. Jagan memperdebatkan yang hanya tersurat saja, apalagi hanya berdasarkan nominal. Kembali lagi, fahami dulu maksud dari apa itu yang disebut dengan ayat. Insya Allah akan ketemu jawabannya. Wallahu'alam... Hanya Allah yang maha Tau.

    ReplyDelete
  115. Anonymous6:12 PM

    Assalamu'alaikum, kita sebagai umat muslim memang mungkin diwajibkan untuk mencari kebenaran dan tetap mencari ilmu. tetapi kita sebagai umat islam dianjurkan untuk tidak berdebat, jadi mungkin kita bisa saling berkonsultasi, berpendapat, bertanya, menjawab. tapi mohon untuk debat dan kata kata untuk diperbaiki... terima kasih

    ReplyDelete
  116. Ikut nyimak aja deh www.farid-corp.blogspot.com

    ReplyDelete
  117. Sekedar saran, Anda dapat mengecek disini http://laduni-kediri.tumblr.com/

    ReplyDelete
  118. Anonymous10:24 AM

    ada dua surah yang tercicir iaitu the lamb dan the band

    ReplyDelete
  119. Anonymous11:39 PM

    aaaaaaaaaaaaawwwwwwww

    ReplyDelete